News Selasa, 14 Desember 2021 | 05:12

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai Hari Ini

Lihat Foto Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai Hari Ini Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Sadikin Gunadi mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dimulai pada hari Selasa 14 Desember 2021.

Hal ini disampaikan Budi dalam konferensi pers bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang dilakukan secara virtual pada Senin 13 Desember 2021.

“Pemberian vaksinasi anak yang pertama kali akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa 14 Desember 2021 dan vaksinasi untuk anak yang sudah memperoleh izin dari BPOM adalah Sinovac,” tuturnya.

Sama dengan frekuensi pemberian Vaksin Sinovac pada orang dewasa, vaksinasi yang disuntikkan untuk anak-anak akan diberikan sebanyak dua kali dengan rentang waktu 1 bulan atau 4 minggu.

“Yang boleh melakukan vaksinasi anak adalah kabupaten/kota yang telah melaksanakan vaksinasi pertama sebanyak 70 persen dan 60 persen untuk vaksinasi lansia,” kata Budi.

Baca juga

• Penerima Vaksin Dosis Lengkap Capai 95,47 Juta Jiwa Penduduk Indonesia

• Kapolresta Cirebon Tinjau Vaksinasi Massal di Sejumlah Lokasi

Sejauh ini, menurutnya sudah ada 150 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang telah memenuhi kriteria tersebut. “Kota dan kabupaten inilah yang akan memperoleh vaksinasi anak yang akan dimulai besok,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil asesmen hingga 11 Desember 2021 ini, hanya tersisa 10 Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang berada pada Level 3 atau 7,8 persen dari total seluruh 128 Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Bali. Sementara itu, di luar pulau Jawa-Bali, pada level provinsi sudah tidak ada yang berada pada level 4 dan 3. Kemudian, pada level 2 ada 21 provinsi dan 6 provinsi di level 1.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya