Daerah Sabtu, 08 Juli 2023 | 15:07

Vandiko Gultom: Samosir Titik Mula Peradaban Bangso Batak

Lihat Foto Vandiko Gultom: Samosir Titik Mula Peradaban Bangso Batak Bupati Samosir Vandiko Gultom diapit Ketua Panitia Syukuran PARNA dan Ketua Umum PARNA Indonesia, Sabtu, 8 Juli 2023. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Bupati Samosir Vandiko Gultom menegaskan bahwa Samosir merupakan titik awal peradaban suku atau orang Batak.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam puncak Pesta Syukuran PARNA Indonesia yang digelar di Tandarabun, Kabupaten Samosir pada Sabtu, 8 Juli 2023.

Vandiko di awal sambutan menyebut atas nama Pemkab Samosir mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan seluruh Pomparan PARNA Indonesia di Kabupaten Samosir sebagai daerah titik awal peradaban bangsa Batak.

"Pada kesempatan kali ini kami telah menyatakan Samosir sebagai titik awal peradaban bangsa Batak. Hal ini dinyatakan karena Samosir dipercaya sebagai asal usul tempat orang Batak, tempat pertama turunnya Raja Batak, yaitu dari Sianjur Mula-mula. Untuk itu kami telah menyatakan Samosir sebagai titik awal peradaban bangsa Batak," katanya.

BACA JUGA: Reaksi Rapidin Simbolon Melihat Warna Merah Dominasi Pakaian Peserta Pesta Syukuran PARNA

Vandiko kemudian atas nama Pemkab Samosir menyampaikan selamat atas Pesta Syukuran PARNA Indonesia yang digelar di Samosir.

Dia berharap acara dimaksud bisa semakin menyatukan Pomparan PARNA yang ada di Indonesia dan tentu saja semakin mengeratkan kekeluargaan yang ada.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih diadakannya pesta syukuran, termasuk acara serupa dari marga lainnya, tentu sangat membantu Kabupaten Samosir pasca pandemi.

"Banyak laku hotel penuh, kuliner laku, ya tentu ini semakin membawa perekonomian yang baik untuk Kabupaten Samosir," katanya.

Dia sekali lagi mengulang rasa terima kasihnya kepada semua marga yang menggelar acara di Samosir, di mana hal itu menegaskan Samosir sebagai titik awal peradaban bangsa Batak.

Sebagai ucapan syukur, Vandiko atas nama Pemkab Samosir kemudian menyumbangkan bantuan terhadap pesta syukuran tersebut sebesar Rp 50 juta. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya