Daerah Selasa, 22 Maret 2022 | 17:03

Vietnam Mundur Sebagai Tuan Rumah, Asean Para Games 2022 Digelar di Jateng

Lihat Foto Vietnam Mundur Sebagai Tuan Rumah, Asean Para Games 2022 Digelar di Jateng Atlet Para Games. (Foto: Straits Time)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah Asean Para Games 2022 pada akhir Juli mendatang. Vietnam yang semula tuan rumah, mundur karena hanya sanggup menggelar Sea Games.

Terungkap dalam rapat terbatas persiapan Asean Para Games 2022 yang dipimpin Presiden Jokowi pada Selasa, 22 Maret 2022, di Istana Merdeka, Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, setelah pihaknya menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Dalam rapat yang dipimpin Presiden Jokowi tadi telah diputuskan Indonesia siap menjadi tuan rumah Asean Para Games,” ujar Menteri Zainudin Amali didampingi Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun.

Menteri Zainuddin mengungkapkan, Vietnam yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tuan rumah Sea Games 2022 dan Asean Para Games 2022 hanya sanggup melaksanakan Sea Games. 

Kesempatan menjadi tuan rumah Asean Para Games 2022 pun ditawarkan kepada negara Asean lainnya.

Baca juga: Pimpinan Komisi X DPR Apresiasi UU Keolahragaan

“Vietnam hanya sanggup melaksanakan Sea Games. Namun untuk Asean Para Games mereka tidak sanggup sehingga diberi kesempatan kepada negara-negara Asean untuk mengajukan diri. Dan kami, NPC, Pak Senny Marbun dan teman-teman menyampaikan kesiapan dan itu yang kami laporkan kepada Bapak Presiden,” ungkapnya.

Menteri Zainudin menyampaikan, Asean Para Games 2022 rencananya akan dilaksanakan pada akhir Juli 2022 dengan lokasi penyelenggaraan di beberapa kota di Jawa Tengah

Provinsi tersebut terdapat pemusatan latihan atlet paralimpiade, yaitu di Surakarta dan sekitarnya. 

Selain itu juga terdapat Rumah Sakit (RS) Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, dan juga Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mendukung sport science.

“Di sana itu ada rumah sakit namanya Rumah Sakit Dokter Soeharso, itu kita tahu fungsi dari rumah sakit itu. Di samping itu, juga di sana ada UNS yang sangat memberikan dukungan dan back up, khususnya untuk sport science. Jadi memang tempatnya di sana, sehingga juga disepakati oleh negara-negara Asean, Indonesia dan kemudian sudah tertuju ke Jawa Tengah, yakni Surakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Dengan pengalamannya yang dimiliki, Menteri Zainuddin meyakini di dalam jangka waktu yang singkat ini Indonesia mampu menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah.

Ketua NPC Senny Marbun optimistis Indonesia dapat mencapai target menjadi juara umum di ajang olahraga tersebut.

“Tanggung jawab kita sebagai tuan rumah harus melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Apalagi itu tadi, tuan rumah, target kami mudah-mudahan, enggak mendahului Tuhan, tapi di atas kertas sudah hitung-hitungan, kita bisa juara umum. Di Malaysia kemarin, kita pun grade-nya jauh di atas Malaysia dan Thailand,” ujar Senny. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya