News Senin, 30 Januari 2023 | 21:01

Viral Bocah asal Aceh Gunakan Becak Tempuh 230 Km Bawa Ayah Kondisi Sakit

Lihat Foto Viral Bocah asal Aceh Gunakan Becak Tempuh 230 Km Bawa Ayah Kondisi Sakit Rahmat dan ayahnya yang tergeletak di becak. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Viral di media sosial, seorang anak usia 11 tahun asal Aceh, menggunakan becak membawa sang ayah yang dalam kondisi sakit.

Bocah yang disebut bernama Rahmat Aulia itu, meletakkan tubuh ayahnya di becak untuk dibawa dari Pidie Jaya ke RS Cut Meutia di Aceh Utara.

Informasi di media sosial disebut, jarak tempuh dari kampung ke rumah sakit sejauh 230 kilometer.

Saat Rahmat mengaso di Bireuen, kabarnya Rahmat mendapat bantuan sejumlah orang yang merasa iba melihat perjuangan si bocah. 

Seperti Pak Yanto yang kebetulan melintas, terenyuh melihat si anak dan ayahnya yang terbaring sakit di atas becak.

"Pak Yanto itulah yang pertama kali menyapa Rahmat, dari mana, ke mana, dan kenapa," tulis Zulfikar Akbar, pemilik akun Twitter @zoelfick, yang mengunggah soal bocah ini, Minggu 29 Januari 2023.

"Jiwa kepedulian Pak Yanto yang menggerakkan lelaki paruh baya itu bergegas mengontak temannya, Azmi. Lantas, Pak Azmi inilah yang menyediakan ambulans, tanpa memungut bayaran, membawa ayah dan anak itu ke rumah sakit," sambung Zulfikar Akbar.

Baca juga: Viral di Kota Palopo Seorang Pria Pamerkan Alat Kelamin ke Sejumlah Wanita di Masjid

Terungkap, Rahmat bukan sekali itu saja mengendarai becak beratus-ratus kilometer demi membawa ayahnya ke rumah sakit.

Hampir setiap 10 hari sekali, dia membawa sang ayah ke RS Cut Meutia di Aceh Utara. Rahmat masih sekolah di bangku kelas 6 SD Ulim Pidie.

Kabarnya dia enggan meminta bantuan orang lain untuk membawa sang ayah berobat, karena merasa itu tanggung jawabnya.

Putri Gusdur, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid yang mendapat kabar soal bocah ini kemudian melalui akun Twitter menyebut pihaknya sudah mendapat cerita lengkap.

Pihaknya akan menggalang bantuan untuk si bocah dan sang ayah yang sedang sakit. 

"Sudah berkontak dan dapat cerita lengkapnya. Kami segera mengirimkan bantuan tahap awal, lalu membukakan dompet tali asih netizen untuk Rahmat. Sedih banget melihat foto-fotonya," tulisnya di akun @AlissaWahid, Senin, 30 Januari 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya