Daerah Senin, 01 Agustus 2022 | 10:08

Viral Penemuan Belasan Karung Diduga Beras Bansos Dikubur di Depok

Lihat Foto Viral Penemuan Belasan Karung Diduga Beras Bansos Dikubur di Depok Penemuan beras dikubur di Depok, Jawa Barat. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Depok - Viral penemuan beras berkarung-karung di tanah lapang wilayah Tirtajaya, Sukmajaya, Depok. Beras-beras itu diduga beras Bantuan Sosial (Bansos) sudah membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

Dari pantauan, Minggu 31 Juli 2022, beras itu berada di dalam karung berukuran 20 Kg. Sebagian di antaranya tertutup terpal berwarna biru.

Karung beras itu bertulisan `Beras Kita`. Tampak sebagian karung terbuka dan memperlihatkan beras yang sudah membusuk.

Kini lokasi penemuan beras itu sudah dipasang garis polisi. Pemilik tanah bernama Rudi Samin mengatakan awalnya di mendapatkan informasi adanya beras berkarung-karung yang ditimbun di tanah miliknya.

Samin sampai menyewa alat berat untuk menggali tanahnya dan menemukan beras berkarung-karung itu.

"Saya cari manual pada 25 Juli namun tidak dapat. Karena penasaran, maka saya sewa ekskavator untuk menggali, betul atau tidak di sini. Hari ketiga, pada 29 Juli jam 14.00 saya temukan," ujar Rudi, Minggu 31 Juli 2022.

Kemudian setelah ditemukan dibawa tiga karung ke polres untuk di cek.

"Dibawa sekitar tiga karung ke Polres yang masih utuh. Beras itu bermerek `Beras Kita,"jelasnya.

Dihubungi terpisah, Muhammad Imron selaku Lurah Tirtajaya sudah mengurus staf ke lokasi pada Jumat 29 Juli 2022. Ia belum memastikan tujuan dari penguburan beras tersebut.

"Saya utus staf untuk melakukan pengecekan Jumat kemarin. Prosesnya saya kurang paham, karena nanti harus melalui penyelidikan oleh aparat pemerintah," tuturnya.

Imron menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada aparat kepolisian. Pihaknya juga akan mendalami temuan itu.

"Nanti kewenangannya ada di Polres setelah itu baru seperti apa keputusan kebenaran di pengadilan," kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Sukmajaya Kompol Meltha Mubarak menyebut kasus tersebut tengah ditangani oleh Polres Metro Depok.

"Langsung konfirmasi ke Polres, garis polisi itu pun bukan dari kami ya. Jadi silakan langsung konfirmasi ke Polres," ucap Mubarak. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya