Daerah Selasa, 19 Juli 2022 | 17:07

W20 Summit di Parapat Dihadiri Artis Hollywood Anne Hathaway dan Ratu Belanda

Lihat Foto W20 Summit di Parapat Dihadiri Artis Hollywood Anne Hathaway dan Ratu Belanda Ratu Maxima (tengah) saat di Kabupaten Samosir awal Maret 2020 lalu. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Parapat - Sejumlah perempuan dan pesohor dunia dijadwalkan hadir pada Women 20 (W20) Summit yang digelar di Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara sejak 19-21 Juli 2022. W20 Summit ini sendiri diikuti delegasi dari 16 negara. 

Artis Hollywood Anne Hathaway dikabarkan hadir di forum ini. Ada juga Melinda Gates, Ratu Rania Yordania, dan Ratu Maxima Belanda. Kemudian artis ibu kota, seperti Nafa Urbach dan Vicky Shu.

Chair of W20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi mengatakan, W20 merupakan engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan.

Uli menjelaskan, ada delapan poin pembahasan penting dalam gelaran W20. Pertama, mengadopsi the National Strategies on Gender Equity and Equality (NSGEE) sejalan dengan perjanjian terkait HAM.

Kedua, membangun G20 Gender Data Network untuk memastikan keberadaan data berbasis gender. 

Baca juga:

Cewek Rusia Peserta W20 Sebut Danau Toba Bak Film dan Lukisan

Ketiga mempromosikan peraturan anti kekerasan gender dan meratifikasi konvensi International Labor Organization (ILO) 190, menjadi poin ketiga dalam pembahasan penting tersebut.

Sedangkan poin keempat, mendorong keberlangsungan Women Entrepreneurs Finance Initiatives (We-Fi) dan berkomitmen mendorong tambahan dana $350 million USD dan mengimplementasikan We-Fi`s WE Finance Code di negara-negara G20.

Kelima, mengalokasikan minimum 1 persen dari pajak global baru yang didukung oleh OECD dan G20 pada tahun 2021, untuk membantu mendanai dan meningkatkan UMKM yang dimiliki dan dipimpin perempuan.

Keenam, meningkatkan investasi infrastruktur inklusif di daerah pedesaan sebesar 25 persen pada tahun 2030. 

Ketujuh, menjalankan mandat kuota terpilah gender dalam mempekerjakan dan mempertahankan penyandang disabilitas di sektor publik tidak kurang dari 3 persen.

Dan  kedelapan membangun kemampuan bagi perempuan dan anak perempuan, terutama mereka yang berada di daerah pedesaan dan penyandang disabilitas.

"Pada W20 Summit di Danau Toba ini, juga akan dibahas isu-isu perempuan desa dan penyandang disabilitas yang semangat dalam bekerja, dan ikut serta dalam mendorong perekonomian di daerahnya," kata Uli di Niagara Hotel, dilansir Selasa, 19 Juli 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya