News Jum'at, 22 Juli 2022 | 13:07

W20 Summit Ditutup, Dirut BPODT: Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Toba Caldera Resort

Lihat Foto W20 Summit Ditutup, Dirut BPODT: Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Toba Caldera Resort Para delegasi W20 Summit saat berada di Toba Caldera Resort (Foto: BPODT)
Editor: Fetra Tumanggor

Toba - Pertemuan Women 20 atau W20 Summit resmi ditutup di Parapat, Kabupaten Simalungun, Kamis, 21 Juli 2022. Penutupan ditandai dengan penyerahan hasil diskusi ke Staf Presiden Republik Indonesia Bidang Hubungan Antar Negara Edy Prambudi.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Panjaitan mengucapkan terima kasih kepada Chair of W20 Hadriani Uli Silalahi, karena telah memberi kesempatan bagi Toba Caldera Resort sebagai salah satu tempat acara W-20 Summit dilaksanakan.

Dalam kegiatan ini, para delegasi menandatangani MoU Women Twenty, kemudian dilanjutkan pelepasan burung dan penanaman pohon serentak. Kunjungan ke Toba Caldera Resort tidak hanya dilakukan untuk dialog persahabatan dalam agenda W20, namun juga mempromosikan objek wisata Danau Toba.

"Terima kasih sudah berkunjung dan melaksanakan pertemuan di kawasan kami. Ini bagian dari promosi Toba Caldera Resort agar semakin dikenal, bukan hanya di dalam negeri tapi juga mancanegara," kata Jimmy.

Dia juga menyampaikan selamat jalan kepada seluruh delegasi. Semoga dalam perjalanan ke negara masing-masing membawa kenangan yang indah tentang Danau Toba.

Chair of W20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi mengatakan banyak respons positif yang dinyatakan oleh para delegasi. Beberapa di antaranya para delegasi merasa senang bisa menikmati keindahan Danau Toba yang begitu indah dan sejuk.

"Tak hanya itu, mereka juga mengakui masakan khas Indonesia seperti rendang, sambal andaliman, sup yang sayur mayurnya berasal dari masyarakat sekitar, yang dihidangkan untuk para delegasi juga begitu nikmat. Mereka (delegasi) bercerita ke saya, masakan Indonesia sangat enak, dan mereka selalu tambah saat makan," kata Uli di Toba Caldera Resort.

Hasil pertemuan W-20 menghasilkan berbagai poin, seperti komitmen untuk kesetaraan gender, menyediakan akses keuangan bagi perempuan pedesaan, penyediaan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) milik perempuan, memberikan inkubasi bisnis, kesehatan, perlindungan, dan akses bagi penyandang disabilitas. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya