Daerah Senin, 30 Mei 2022 | 20:05

Wabah PMK Meluas di Aceh, Distanpan Abdya Catat 17 Ternak Terindikasi

Lihat Foto Wabah PMK Meluas di Aceh, Distanpan Abdya Catat 17 Ternak Terindikasi Dokter hewan bersiap memberikan suntikan vaksin kepada tenak sapi yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di pasar hewan Desa Sibreh, Kecamatan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa, 11 Mei 2022. foto: Antara.
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak kian meluas di Provinsi Aceh. Wabah ini juga telah menyerang ternak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh.

Dinas Pertanian dan pangan (Distanpan) Abdya mencatat, 17 ternak di kabupatem ini terindikasi PMK. Temuan perdana per tanggal, 27 Mei 2022. Tercatat di Desa Mata Ie Kecamatan Blangpidie, 6 dan 4 sembuh di akhir Mei 2022.

"Saat ini didapati temuan baru sebanyak 11 ekor Sapi pada, Senin, 30 Mei 2022," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan pangan Aceh Barat Daya, Laili Suhairi, Senin, 30 Mei 2022.

Menurutnya, faktor terjangkitnya ternak di kabupaten ini disinyalir adanya mutasi hewan dari daerah lain. Temuan baru didapati di dua wilayah yaitu Kecamatan Babahrot dan Blangpidie.

"Kita terus berupaya untuk menanggulanginya dengan cara pemeriksaan dan memberikan obat-obatan agar penyakit tidak meluas. Upaya pencegahan kita lakukan dengan cara penyemprotan dan penyuntik antibiotik pada ternak yang terindikasi," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya