News Kamis, 14 Juli 2022 | 23:07

Wajah 8 Pahlawan Indonesia Bakal Muncul di 7 Pecahan Rupiah Terbitan Tahun 2022

Lihat Foto Wajah 8 Pahlawan Indonesia Bakal Muncul di 7 Pecahan Rupiah Terbitan Tahun 2022 Ilustrasi pecahan mata uang rupiah. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sebanyak delapan wajah pahlawan Indonesia dipastikan bakal muncul sebagai gambar utama dalam tujuh pecahan mata uang rupiah terbitan tahun 2022.

Hal itu termaktub dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2022 yang mengatur penyematan foto delapan orang pahlawan nasional pada emisi rupiah tahun 2022 yang diterbitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menetapkan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia," bunyi pasal 1 Keppres Nomor 13 Tahun 2022, dikutip Opsi pada Kamis, 14 Juli 2022.

Penyematan wajah pahlawan-pahlawan dalam pecahan rupiah emisi 2022 masih sama dengan tahun lalu.

Wajah proklamator kemerdekaan, Soekarno dan Mohammad Hatta akan kembali menghiasi pecahan Rp 100 ribu. Sementara Pecahan Rp 50 ribu bakal dihiasi foto Djuanda Kartawidjaja.

Gambar wajah G.S.S.J. Ratulangi akan kembali muncul di pecahan uang Rp 20 ribu emisi tahun 2022 ini.

Foto pahlawan papua Frans Kaisiepo akan muncul di pecahan uang Rp 10 ribu. Lembaran Rp 5 ribu akan menampilkan wajah Idham Chalid.

Pecahan uang Rp 2 ribu dan seribu rupiah akan kembali menampilkan wajah Mohammad Hoesni Thamrin dan Tjut Meutia.

Baca juga: Bank Indonesia Sebut Mata Uang Digital Potensi Tingkatkan Pertumbuhan Pasar Modal

Baca juga: Cegah Penipuan Berkedok Investasi, Puan Minta Perkuat Literasi Keuangan Digital

"Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional," bunyi pasal 2 keppres itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya