Daerah Jum'at, 11 Februari 2022 | 10:02

Wakil Ketua DPRA Tinjau Jalanan Hancur Cot Mane-Blangpidie di Abdya

Lihat Foto Wakil Ketua DPRA Tinjau Jalanan Hancur Cot Mane-Blangpidie di Abdya Seorang pengendara menghindari jalan berlubang di lintasan Cot Mane-Blangpidie. Foto:Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin meninjau lokasi ruas jalan rusak di sepanjang jalan dari Desa Cot-Mane-Blangpidie atau lintasan Desa Ladang Neubok, Guhang, Desa Seunaloh hingga Desa Jalan Manyang.

Tinjauan ini dilakukan Sekjen DPD Partai Gerindra Aceh itu menjelang dilakukannya pemeliharaan demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kawasan setempat dengan anggaran sekitar Rp 5,9 miliar. Dari angka tersebut, Rp 4 miliar merupakan Pokok Pikirnya (Pokir).

Dengan anggaran ini, diprediksi badan jalan yang akan dikerjakan sepanjang 3,34 kilometer (Km) atau dari simpang Desa Cot Mane hingga ke pusat Kota Blangpidie melintasi 4 desa yang memang menjadi daerah langganan terdapat lubang termasuk badan jalan desa Masjid Agung.

Selain meninjau jalan yang hendak dibangun dengan Pokirnya, Wakil Ketua DPRA ini juga mendatangi kediaman warga Abdya yang terbakar beberapa waktu lalu untuk menyerahkan bantuan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya Zulfan atau akrab disapa Azzam Awenk membenarkan kedatangan Wakil Ketua DPRK ke lokasi warga setempat yang terkena musibah kebakaran.

"Benar, beberapa hari lalu beliau langsung ke lokasi dan bertemu dengan kedua korban,"kata Azzam kepada wartawan, di Abdya, Jumat, 11 Februari 2022.

Kader Partai Gerindra Abdya ini pun bertemu kedua pemilik rumah, Wakil Ketua DPRA menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pembangunan rumah, sembako, dan biaya pembangunan.

"Tentu semoga bantuan itu bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara kita itu. Beliau juga meninjau lokasi badan jalan yang akan dibangun tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, rumah Maimunah seorang janda beranak tiga di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya rata dilahap api, Minggu malam, 30 Januari 2022 sekira pukul 19.10 WIB.

Dalam musibah ini, selain rumah Maimunah, api juga melahap rumah tetangganya, yakni milik Hasbi Johan yang tinggal bersama 4 keluarganya.

Pj Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat Moch Tavip membenarkan peristiwa ini. Dia berujar, karena sebagian bangunan berkonstruksi kayu, api dengan cepat melahap kedua rumah ini.

"Sekarang api sudah padam. Tiga unit Damkar kita kerahkan tadi dan saat ini tim BPBK, TNI-Polri dan masyarakat sedang memadamkan sisa-sisa api hingga dipastikan benar-benar padam," ucapnya.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Saat ini pihaknya sedang mengkaji kerugian material.

"Kalau korban jiwa alhamdulillah tidak ada," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya