Daerah Kamis, 16 Maret 2023 | 14:03

Wakil Ketua DPRK Abdya: Pembangunan Jalan 30 Hingga Nagan Raya Genjot Ekonomi Rakyat

Lihat Foto Wakil Ketua DPRK Abdya: Pembangunan Jalan 30 Hingga Nagan Raya Genjot Ekonomi Rakyat Wakil Ketua ll DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Hendra Fadli. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Blangpidie- Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli SH mendorong Pemerintah Aceh terkait Pembangunan Jalan 30 yang tembus hingga Kuala Seumanyam, Kabupaten Nagan Raya.

Dorongan ini bukan tanpa alasan, menurutnya hal ini dapat mengenjot perekonomian di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh (Barsela).

"Dengan tembusnya jalan 30 sampai ke Seumanyam, Nagan Raya akan membuka kawasan perekonomian baru di sektor perikanan dan perkebunan Khsusnya Nagan dan Abdya,"kata Wakil Ketua II DPRK Abdya, Hendra Fadli SH, Kamis, 16 Maret 2023.

"Karenanya kita juga minta dukungan dari Anggota DPRA Dapil 9 dan 10 agar dapat dianggarkan pada APBA 2024," sambungnya.

Hendra juga menjelaskan bahwa, pada tanggal 8 Maret 2023, Pimpinan DPRK Abdya juga sudah mengirim surat rekomendasi kepada Gubernur Aceh sehubungan dengan surat rekomendasi Nomor: 260/157/DPRK tanggal 18 Maret 2023.

"Prihal permohonan lanjutan peningkatan jalan terobosan Nagan Raya - Aceh Barat Daya dan empat jembatan penghubung serta surat rekomendasi Pimpinan DPRK Abdya Nomor: 170/109/2021, tanggal 18 Oktober 2021, hal rekomendasi peningkatan jalan terobosan Nagan Raya - Aceh Barat Daya - Aceh Tengah," kata Hendra Fadli.

Lanjut Hendra Fadli, Pimpinan DPRK Abdya menyatakan sangat mendukung dan merekomendasikan sebagai program dengan skala prioritas lanjutan peningkatan jalan terobosan yang melintasi Kabupaten Nagan Raya-Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Tengah.

"Empat jembatan penghubung sebagai akses dan jalur perdagangan serta arus lalulintas perekonomian masyarakat antar Kabupaten dalam Provinsi Aceh," kata Hendra Fadli mengutip isi surat Rekomendasi DPRK Abdya Nomor: 170/20 tertanggal 08 Maret 2023 yang ditandatangani Ketua dan Wakil Ketua DPRK Abdya.

Menurut Politisi Partai Aceh (PA) ini, jika pembangunan Jalan 30 tembus hingga Kuala Seumanyam, Kabupaten Nagan Raya terealisasi, selain akan membuka kawasan perekonomian baru di sektor perikanan dan perkebunan khsusnya Nagan dan Abdya juga akan terciptanya pemukiman baru di kawasan dimaksud.

"Karenanya, kita sangat mendukung dan merekomendasi agar pembangunan Jalan 30 tembus hingga Kuala Seumanyam, Kabupaten Nagan Raya ini terealisasi. Sebab dengan hadirnya jalan 30 ini akan ikut memperlancar arus lalulintas di kawasan Barsela khususnya Abdya dan Nagan Raya," pungkasnya.

Diketahui proyek penimbunan Jalan 30 merupakan proyek yang menyerap anggaran besar di Kabupaten Abdya mencapai sekitar Rp 30 miliar dari sumber APBN-Perubahan 2016 dan selesai dikerjakan awal 2017.

Supaya pembangunan jalan tersebut berdaya guna tinggi, warga berharap pembangunannya bisa tembus ke Nagan Raya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya