Daerah Selasa, 06 September 2022 | 23:09

Wakil Wali Kota Cirebon Sebut Pentingnya Pemahaman Kerja Sama Daerah

Lihat Foto Wakil Wali Kota Cirebon Sebut Pentingnya Pemahaman Kerja Sama Daerah Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati. (Foto: Opsi/Charles).
Editor: Yohanes Charles

Cirebon – Kerja sama menjadi salah satu strategi untuk mendukung fungsi-fungsi Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon dalam meningkatkan pelayanan publik dan percepatan pembangunan. Namun kerja sama yang terjalin harus memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. 

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, Pemda Kota Cirebon dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas. Tentunya untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan publik yang saling menguntungkan. 

“Kerja sama dapat dilakukan antarpemerintah daerah, pihak ketiga, lembaga pemerintah dan lembaga di luar negeri sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Eti usai membuka sosialiasi kerja sama daerah di lingkungan Pemda Kota Cirebon, di salah satu hotel yang ada di Jalan Siliwangi, Selasa 6 September 2022. 

Kota Cirebon, dikatakan Eti, memiliki banyak potensi dan keunggulan di berbagai bidang. Namun belum dieksplorasi secara maksimal perangkat daerah. Potensi ini harus bisa digali untuk mewujudkan visi SEHATI (Sehat, Hijau, Agamis, Tentram, dan Inovatif).

“Potensi dan keunggulan daerah dapat dimaksimalkan dengan cara melakukan kerja sama,” katanya. 

Baca juga: Presiden Jokowi Instruksikan Seluruh PSN Selesai Sebelum 2024

Sosialisasi kerja sama daerah, sambung Eti, harus menjadi motivasi perangkat daerah untuk menggali potensi dan keunggulan sesuai bidang kerja. Ia berharap kerja sama yang terjalin nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik, dan percepatan pembangunan. 

“Seluruh perangkat daerah untuk bersama-sama mulai menyiapkan berbagai bahan, dokumen, dan informasi yang layak untuk disajikan sebagai bahan dalam merintis kerja sama dengan instansi terkait,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Cirebon, Mastara mengatakan, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman tata cara kerja sama bagi perangkat daerah. Sehingga terbentuk pemahaman pentingnya kerja sama untuk menggali potensi di Kota Cirebon. 

“Seluruh perangkat daerah di Kota Cirebon harus memahami pentingnya kerja sama perangkat daerah,” paparnya. 

Baca juga: Wali Kota Cirebon Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Menurutnya, kerja sama merupakan hal yang penting bagi perangkat daerah. Karena, melalui kerja sama, perangkat daerah akan mampu memetakan kegiatan yang perlu dibuat kerja sama dan yang harus ter-cover APBD. 

“Pada initinya kerja sama yang dibuat oleh perangkat daerah semata-mata untuk meningkatkan pelayanan pubik agar lebih optimal,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya