News Senin, 12 Desember 2022 | 15:12

Wali Kota Blitar Disekap, DPR: Saya Minta Polri Cepat Mengusut dan Temukan Para Pelaku

Lihat Foto Wali Kota Blitar Disekap, DPR: Saya Minta Polri Cepat Mengusut dan Temukan Para Pelaku Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta Polri mengusut secara cepat dan tuntas kasus pencurian serta penyekapan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso, yang terjadi pada Senin pagi, 12 Desember 2022.

"Kejadian ini sudah sangat membahayakan yang bersangkutan dan keluarganya. Jadi saya meminta Polri dengan cepat mengusut dan menemukan para pelaku," kata Sahroni dalam keterangannya, Senin, 12 Desember 2022.

Selain itu, politisi Partai NasDem ini juga meminta Polri mengungkap motif kejahatan para pelaku karena dikhawatirkan terdapat indikasi-indikasi lain.

Sahroni juga menyayangkan terkait lemahnya pengamanan di rumah dinas Wali Kota Blitar, padahal pejabat daerah sudah seharusnya mendapat perhatian khusus dari segi keamanan.

Lebih lanjut, dia menyarankan agar perangkat keamanan di rumah dinas Wali Kota Blitar segera dievaluasi.

"Saya kira ini sudah kelalaian yang sangat fatal. Bagaimana bisa seorang pejabat daerah disekap di rumah dinasnya sendiri, karena minimal harus ada mekanisme pencegahan terkait potensi-potensi seperti ini," ucap Sahroni.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa perampokan terjadi di rumah dinas Wali Kota Blitar di Jalan Sudanco Suprijadi, Blitar Jawa Timur pada Senin, 12 Desember 2022 pagi.

Dalam peristiwa tersebut, perampok melakukan penyekapan terhadap Wali Kota Blitar, Santoso bersama istrinya di dalam kamar.

Tiga anggota Satpol PP yang berjaga di rumah dinas juga disekap oleh para pelaku. Para perampok menggondol perhiasan dan uang tunai senilai Rp 400 juta.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono mengungkapkan mendapat informasi kejadian tersebut, pihaknya langsung mendatangi tempat kejadian dan melakukan penyelidikan.

Menurut Argo, dugaan sementara para pelaku memasuki rumah dinas Wali Kota Blitar melalui pintu samping rumah.

Saat ini polisi melakukan olah TKP. Wali kota Blitar masih dimintai keterangannya oleh pihak kepolisian.

"Masih salam penyelidikan. Nanti akan kita informasikan,” kata Argo dikutip dari pmjnews.

Sejumlah ruangan dan pos penjagaan di Rumah Dinas Wali Kota Blitar masih ditandai garis polisi.

Baca juga: Wali Kota Blitar dan Istri Disekap, Perampok Gasak Uang Ratusan Juta

Baca juga: Sebelum Melakukan Aksinya, Perampok Merusak CCTV Rumah Wali Kota Blitar

Kasus pencurian dengan kekerasan ini kini tengah diselidiki oleh Satreskrim Polres Blitar Kota dibantu dengan Direskrimum Polda Jawa Timur. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya