Daerah Minggu, 28 Mei 2023 | 20:05

Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani Mencari Sekda

Lihat Foto Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani Mencari Sekda Wali Kota Susanti Dewayani. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mencari Sekretaris Daerah atau Sekda.

Sekda sebelumnya, Budi Utari Siregar, dicopotnya pada Selasa, 21 Maret 2023. Sehari setelah DPRD mengusulkan pemakzulan Wali Kota Susanti Dewayani, 20 Maret 2023.

Pencopotan itu bersamaan dengan pelantikan untuk mutasi dan rotasi terhadap 11 pejabat Pemko Pematang Siantar. 

Selepasnya Budi, Susanti sempat menggunakan Pelaksana Harian Sekda dari pejabat Pemko Siantar sebelum kemudian mengimpor Penjabat Sekda dari Pemprov Sumut, yakni Dwi Aries Sudarto, yang dilantik pada Jumat, 31 Maret 2023.

Susanti tak mau memakai yang belum definitif. Dia kemudian membuka lelang untuk jabatan paling strategis di jajaran pemerintahan daerah tersebut.

Namanya adalah Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pematang Siantar Tahun 2023.

Para pelamar pun berdatangan, tidak hanya dari lingkungan Pemko Pematang Siantar, dari Kota Sibolga dan Kabupaten Samosir pun ikut memasukkan lamaran.

Hasilnya, Panitia Seleksi melalui ketuanya, Arief S Trinugroho telah mengumumkan pelamar yang lulus persyaratan administrasi.

Diumumkan lewat website Pemko Pematang Siantar di www.pematangsiantar.go.id pada 24 Mei 2023 lalu.

Ada lima nama yang dinyatakan lulus administrasi, yakni: Dedy Tunasto Setiawan SH, Mixnon Andreas Simamora SIP MSi, Rudi Sabar Mancon Siahaan AP MM, Marudut Situmorang AP MSP, dan Drs Adi Winarto MM.

Usai dinyatakan lulus administrasi, kelima kandidat ini akan melanjutkan tahapan berikutnya, yakni penulisan dan pengumpulan makalah.

Lalu siapa saja kelima kandidat tersebut?

  1. Dedy Tunasto Setiawan

Dedy merupakan pejabat di Pemko Pematang Siantar. Jabatannya kini adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Sempat pula ditunjuk sebagai Plt Kadis PUPR Pemko Pematang Siantar.

  1. Mixnon Andreas Simamora

Pria bertubuh tambun ini merupakan birokrat yang cukup dikenal di Pematang Siantar - Kabupaten Simalungun.

Pernah menjabat sebagai Sekda Kabupaten Simalungun di era JR Saragih di periode kedua Bupati Simalungun.

BACA JUGA: Pemko Siantar Pamer WTP dari BPK, Netizen: Tak Perlu Sama Kami Rakyat Ini

Setelah JR Saragih tak lagi bupati pada 2021 lalu, Mixnon mundur dari jabatannya dan dia hengkang ke Pemko Pematang Siantar.

Mixnon parkir sebagai Penyuluh Kepemudaan pada Bidang Kepemudaan dan Olah Raga Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar.

  1. Marudut Situmorang

Sosok satu ini merupakan Wakil Wali Kota Sibolga bersama Wali Kota HM Syarfi Hutauruk periode 2010-2015.

Sebelum masa jabatannya berakhir, dia mundur dari wakil wali kota. Hal itu dikarenakan sang istri bermaksud maju sebagai calon wali kota Sibolga untuk Pilwakot 2015.  

Marudut meneruskan kariernya sebagai ASN.

Marudut berencana melanjutkan karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebelum terpilih sebagai Wakil Wali Kota Sibolga yang dilantik pada 26 Agustus 2010, Marudut menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kota Sibolga.

Jabatan terakhir Marudut saat memasukkan lamaran sebagai Sekda Kota pematang Siantar adalah Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sibolga.

  1. Rudi Sabar Mancon Siahaan 

Rudi merupakan birokrat asal Pemkab Samosir. Jabatannya saat ini adalah Staf Ahli Bupati Samosir Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Samosir.

  1. Adi Winarto 

Adi adalah ASN senior dari Pemkab Deli Serdang. Jabatannya saat ini adalah Analis Monitoring Evaluasi dan Pelaporan pada Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya