Daerah Rabu, 11 Mei 2022 | 14:05

Wali Kota Pematangsiantar Buat Open House? Jokowi Saja Gak Bikin

Lihat Foto Wali Kota Pematangsiantar Buat Open House? Jokowi Saja Gak Bikin Undangan yang beredar. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Pematangsiantar - Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani terkesan mengabaikan arahan Presiden Jokowi untuk tidak menggelar open house atau halalbihalal sejenisnya selama Ramadan dan Idulfitri.

Susanti menggelar acara silaturahmi dengan mengundang sejumlah pihak di rumah dinas Wali Kota, Jalan Kapten MH Sitorus, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara pada Rabu, 11 Mei 2022 pukul 19.00 WIB.

Undangan untuk kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang itu sudah beredar. Salah seorang ASN di Pemko Pematangsiantar yang enggan namanya ditulis mengakui adanya acara silaturahmi di rumah dinas wali kota digelar Plt Wali Kota Susanti Dewayani pada Rabu malam.

Hanya saja kata dia, undangan hanya disebar kepada para pejabat di lingkungan Pemko Pematangsiantar. Sementara kepada ASN yang tak pejabat tidak menerima undangan.

Pantauan Opsi, justru undangan itu sudah beredar sejak siang hari bukan hanya kepada pejabat semata, tetapi kepada sejumlah pihak dan tokoh.

Susanti dikonfirmasi ke nomor WhatsAppnya pada Rabu, 11 Mei 2022 sore pukul 14.00 WIB. Perempuan pertama yang akan jadi wali kota di Pematangsiantar itu tak memberi jawaban meski terlihat sudah membaca pertanyaan.

Sekda Kota Pematangsiantar Budi Utari dikonfirmasi mengatakan benar ada acara silaturahmi di rumah dinas wali kota.

Dia menyebut acara dimaksud bukan open house atau halalbihalal dan tidak mengumpulkan orang meski undangan disampaikan ke beberapa pihak.

"Hanya silaturahmi. Undangan terbatas. Bukan open house. Nanti malam untuk sejumlah tokoh ormas," katanya melalui telepon seluler. 

SE Menpan RB: Melarang Open House

Diketahui bahwa pejabat dan ASN dilarang menggelar kegiatan halalbihalal atau open house di masa pandemi Covid-19.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sudah menerbitkan surat edaran soal larangan yang juga perintah Presiden Jokowi tersebut.

SE MenPAN RB nomor: B/123/M.KT.02/2022, tanggal 19 April 2022 berisi:

Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2022 tentang Cuti Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Bersama ini disampaikan agar Pejabat Pembina Kepegawaian pada instansi pemerintah untuk:

(1) Memberikan kesempatan cuti kepada pegawai aparatur sipil negara di lingkungan instansinya pada saat sebelum atau sesudah periode hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat mengurangi kepadatan arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah

(2) Memastikan bahwa seluruh pegawai aparatur sipil negara di lingkungan instansinya telah mendapatkan vaksinasi virus corona disease lengkap, termasuk vaksinasi booster

(3) Memastikan bahwa seluruh pejabat dan/atau pegawai aparatur sipil negara di lingkungan instansinya tidak melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan/atau open house pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

(4) Memerintahkan seluruh pegawai aparatur sipil negara di lingkungan instansinya selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Surat Seskab

Selain MenpanRB, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mengeluarkan surat pada 24 Maret 2022 meneruskan perintah Presiden Jokowi terkait Ramadan dan Idulfitri.

Isinya begini:

Menindaklanjuti Arahan Presiden pada tanggal 23 Maret 2022, bersama ini dengan hormat disampaikan hal-hal sebagai berikut

1. Penanganan pandemi Covid-19 saat ini menunjukkan keadaan yang semakin membaik, namun tetap diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan.

2. Agar tetap tidak melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama dan Open House pada bulan suci Ramadan dan Hari Idulfitri 1443 H. 

Jokowi Tak Gelar Halalbihalal

Selama Ramadan dan Idulfitri, Presiden Jokowi tidak menggelar halalbihalal atau open house Lebaran.

Sehari menjelang Idulfitri, Presiden Jokowi dan Iriana berada di Istana Kepresidenan Yogyakarta. 

Presiden Jokowi dan Iriana ditemani Kaesang Pangarep melaksanakan salat id di depan Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta pada 2 Mei 2022.

Selepas itu, Presiden Jokowi dan Iriana bersilaturahmi lewat video call dengan Wapres KH Ma`ruf Amin dan berkunjung ke Keraton Yogyakarta. 

Selebihnya hanya menerima silaturahmi dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan putranya serta menerima Menteri BUMN Erick Thohir ketika berada di Istana Kepresidenan Tampaksiring di Bali. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya