Daerah Kamis, 05 September 2024 | 20:09

Wali Kota Pematangsiantar Pastikan Layanan Kesehatan Gratis bagi Warga

Lihat Foto Wali Kota Pematangsiantar Pastikan Layanan Kesehatan Gratis bagi Warga Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani.(Foto:Istimewa)

SiantarWali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani SpA terus melakukan berbagai terobosan dalam bidang kesehatan. Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar berkomitmen untuk memastikan akses layanan kesehatan gratis bagi seluruh warga, terutama bagi mereka yang terkendala finansial.

Melalui program ini, warga cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mendapatkan layanan berobat gratis. Pemko Pematangsiantar menargetkan pada Desember 2024, seluruh penduduk Pematangsiantar telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Artinya, semua penduduk Kota Pematangsiantar tidak akan lagi terkendala dalam mengakses layanan kesehatan," ungkap Susanti, seraya menjelaskan bahwa saat ini kepesertaan JKN di Kota Pematangsiantar telah mencapai 98,6 persen.

“Cukup dengan menunjukkan KTP. Oleh karena itu, kami mohon kepada Rumah Sakit Vita Insani agar melayani masyarakat Pematangsiantar walaupun hanya dengan KTP,” kata dr Susanti saat memberikan sambutan dalam acara Evaluasi Kesiapan Rumah Sakit Vita Insani sebagai RS Rujukan PON XXI Aceh-Sumut dan Evaluasi Eliminasi Penyakit TBC, yang digelar di Komite Medik RS Vita Insani, Jalan Merdeka Pematangsiantar, Kamis, 5 September 2024.

Perlu diketahui, Pemko Pematangsiantar baru-baru ini menerima Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma`ruf Amin. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Susanti dalam acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kehadiran Susanti di RS Vita Insani disambut hangat oleh Direktur Utama RS Vita Insani, dr Flora Maya Damanik, dan seluruh keluarga besar rumah sakit tersebut. Bagi dr Susanti, RS Vita Insani bukan tempat yang asing. Ia mengaku merasa seperti pulang ke rumah sendiri saat mengunjungi rumah sakit itu.

“Terima kasih atas sambutannya yang luar biasa. Hadir di rumah sakit ini, saya seperti pulang ke rumah sendiri,” ungkap dr Susanti.

Selain mempersiapkan RS Vita Insani sebagai RS rujukan untuk PON XXI, dr Susanti juga menyampaikan bahwa Kota Pematangsiantar akan menjadi venue pertandingan tinju, lintasan balap sepeda pria, serta lokasi start untuk balap sepeda wanita jarak dekat dalam ajang PON XXI mendatang.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar," harap dr Susanti.

Usai acara, dr Susanti bersama dr Flora meninjau sejumlah fasilitas di RS Vita Insani, termasuk ruang IGD, Radiologi, Laboratorium, ICU, kamar operasi, dan poliklinik. Sebelumnya, dr Flora menyampaikan bahwa RS Vita Insani telah siap menyambut PON XXI dan telah mendapat kunjungan dari Pemerintah Provinsi Sumatra Utara terkait persiapan tersebut.

"Kami sudah menyiapkan kamar khusus untuk atlet tinju. Semoga saja tidak ada yang terkapar. Selain itu, tersedia juga ruang rawat inap VIP serta tim medis yang siap siaga," jelas dr Flora.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya