Daerah Jum'at, 12 Juli 2024 | 14:07

Wali Kota Serahkan 5 Ton Bantuan Benih Padi ke 13 Kelompok Tani di Siantar

Lihat Foto Wali Kota Serahkan 5 Ton Bantuan Benih Padi ke 13 Kelompok Tani di Siantar Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani serahkan 5 ton bantuan benih kepada 13 kelompok tani di Kelurahan Pamatang Marihat, Kecamatan Siantar Marimbun, Kamis, 11 Juli 2024.(Foto:Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menyerahkan 5 ton bantuan benih padi bersertifikat secara simbolis kepada 13 kelompok tani di Kelurahan Pamatang Marihat, Kecamatan Siantar Marimbun, Kamis, 11 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Susanti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kelompok tani yang secara terus-menerus mengupayakan peningkatan produksi pertanian padi di Kota Pematangsiantar.

"Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, maka bantuan ini harus sampai kepada kelompok tani," kata Susanti.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar bersama Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprov Sumut) membagikan 5 ton benih padi yang bersertifikat untuk lahan seluas 200 Hektare.

"Sebelumnya kita juga membagikan 10 ton untuk tanaman padi seluas 400 Hektare dan 1,5 ton benih jagung untuk luas tanam 150 Hektare. Dan pada bulan September akan ada lagi, serta di bulan-bulan selanjutnya," ujarnya.

Dia menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintah pusat sangat memperhatikan para petani, mulai benih, alat sistem pertanian, dan penjualannya. Untuk produksi padi yang meningkat atau banyak, sejalan dengan benih unggul dan bersertifikat label.

Pada kesempatan ini, Susanti pun mengingatkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Siantar Legianto Pardamean Manurung untuk membantu mengurus administrasi badan hukum kelompok tani yang belum mendapat benih.

"Harus kita bantu para kelompok tani yang belum berbadan hukum agar memenuhi syaratnya, maka segera diinventarisir dan dibantu," tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga mengajak masyarakat untuk hadir menyaksikan acara Siantar Culture Show di Lapangan Adam Malik, Jumat, 12 Juli 2024 dan Sabtu, 13 Juli 2024.

"Ini hiburan rakyat, persembahan dari Pemkot Pematangsiantar. Mari kita hadiri bersama-sama untuk menyaksikan penampilan anak-anak muda Kota Pematangsiantar dengan segala talenta yang dimiliki," ucap Susanti.

Perwakilan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Sumut Susanti mengatakan benih bantuan tersebut gratis dan tidak untuk diperjualbelikan. Benih tersebut telah berlabel, sehingga layak didistribusikan dan telah dilakukan verifikasi.

"Kita berharap agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, serta kami mohon untuk kita kawal bantuan benih tersebut, agar tidak diperjualbelikan," kata Susanti.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematangsiantar Drs Legianto Pardamean Manurung mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu andalan pembangunan nasional maupun regional dalam penyediaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, dan penyediaan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

"Mengingat perannya yang besar maka diharapkan melalui kegiatan ini dapat membangkitkan semangat dan lebih memacu pembangunan pertanian di Kota Pematangsiantar, serta meningkatkan pendapatan masyarakat berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para petani dan keluarganya," ujar Legianto.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya