Daerah Sabtu, 03 September 2022 | 16:09

Warga Aceh Tenggara Resah, Harimau Sumatra Kerap Masuk Kebun

Lihat Foto Warga Aceh Tenggara Resah, Harimau Sumatra Kerap Masuk Kebun Penampakan Harimau Sumatra. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Warga Desa Lawe Pinis dan Makmur Jaya, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Provinsi Aceh mulai was-was dengan kehadiran Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) yang masuk area perkebunan.

Kegelisahan warga akan kehadiran binatang yang dilindungi ini sudah dirasakan sejak tiga pekan terakhir. Warga resah dan takut untuk beraktivitas di kebun.

Menanggapi hal ini, Kepala Resort Konservasi Wilayah XV Kutacane-Gayo Lues Suherman, mengaku sudah menerima laporan terkait hal itu dari masyarakat.

Menurut dia, harimau sering terlihat di area perkebunan warga yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Dia mengatakan, dikarenakan harimau itu masih berada dalam kawan TNGL sehingga membatasi pihaknya untuk melakukan penanganan secara intensif.

"Namun petugas telah melakukan pemantauan ke lokasi sejak dilaporkan," kata Suherman, dalam keterangannya, Sabtu, 3 September 2022.

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya sudah dua kali turun ke lokasi, namun karena kawasan ini masuk TNGL hingga ada keterbatasan wewenang.

"Mungkin besok tim TNGL, BKSDA beserta mitra yang lainnya akan berangkat lagi ke sana," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya