Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 17:07

Warga Situngkir di Samosir Dilatih Manfaatkan Limbah Menjadi Produk Ekraf

Lihat Foto Warga Situngkir di Samosir Dilatih Manfaatkan Limbah Menjadi Produk Ekraf Menteri Sandiaga Uno dan peserta pelatihan di Creative Hub Samosir di Pantai Situngkir, Selasa, 19 Juli 2022. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Samosir - Masyarakat di Desa Situngkir, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara dilatih memproduksi barang-barang bekas menjadi produk ekonomi kreatif khususnya kriya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir dalam pelatihan di Creative Hub Samosir, pada Selasa, 19 Juli 2022, mendorong masyarakat Desa Situngkir mengoptimalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Karena sektor ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja di wilayah tersebut melalui produk-produk kriya berbahan limbah kayu.

"Dengan pelatihan ini kita bisa memberdayakan masyarakat setempat untuk memproduksi barang yang memiliki nilai ekonomi dari limbah," kata Sandiaga.

Melalui pelatihan ini pula, kata Sandiaga, diharapkan mampu menjadikan Samosir sebagai ekosistem pariwisata yang ramah lingkungan.

Event Olahraga

Sandiaga juga mendorong agar Samosir menjadi lokasi bagi terselenggaranya event-event olahraga seperti triathlon. 

"Kalau memungkinkan, kita bisa start dan finish di sini (Pantai Situngkir), jadi nanti saya akan turunkan tim agar di sini bisa menjadi lokasi ajang triathlon," katanya.

Bupati Samosir Vandiko Gultom menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di Samosir melalui pelatihan-pelatihan dan pendampingan. 

"Kami juga bertanggung jawab untuk melakukan pemasaran dan juga pendampingan bagi pelaku UMKM," kata Vandiko.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya