Daerah Jum'at, 20 Mei 2022 | 17:05

Warga yang Bermukim di Sekitar Stadion Manakarra Mamuju Dapat Kompensasi

Lihat Foto Warga yang Bermukim di Sekitar Stadion Manakarra Mamuju Dapat Kompensasi Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Warga yang bermukim di sekitar Stadion Manakarra, akan mendapatkan kompensasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi, saat diwawancarai Opsi.id, Jumat, 20 Mei 2022.

Siti Sutinah mengungkapkan, warga yang bermukim di sekitar Stadion Manakarra Mamuju, Sulbar, yang merupakan aset Pemkab, memang harus pindah sejalan dengan pembangunan.

"Kami akan memberikan kompensasi bagi warga di sana," kata Siti Sutinah.

Meskipun demikian, kata bupati perempuan pertama di Mamuju itu, besaran kompensasi yang akan diberikan tidak sebanding dengan ganti rugi.

"Yang akan kami berikan hanya kompensasi dan bukan ganti rugi, karena mereka bermukim di atas lahan milik pemerintah," katanya.

Siti Sutinah menjelaskan, dalam aturannya, pemerintahan tidak diperbolehkan memberikan ganti rugi kepada warga yang bermukim di atas lahan pemerintah itu sendiri.

"Sekarang, kami sementara mencari solusi untuk membantu warga kami di sana, namun tidak menyalahi aturan," kata Siti Sutinah.

Besaran kompensasi yang akan diberikan, kata dia, akan berdasarkan pada kemampuan keuangan daerah.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan warga disana (Stadion Manakarra) dan mereka siap pindah," katanya.

Memang, kata Siti Sutinah, beberapa bulan lalu, ada yang mencoba menggugat lahan tersebut dan pihaknya memenangkan gugatan tersebut dengan sejumlah bukti yang kuat terkait kepemilikan lahan tersebut.

"Prosesnya dari tahun 90-an Pemkab Mamuju sudah melakukan pembayaran ke pemilik lahan di sekitar Stadion Manakarra Mamuju, Sulbar," kata Siti Sutinah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya