News Senin, 11 Juli 2022 | 20:07

Waspada Dampak Rupiah Melemah, DPR: Memicu Kenaikan Biaya Impor

Lihat Foto Waspada Dampak Rupiah Melemah, DPR: Memicu Kenaikan Biaya Impor Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Kamrussamad. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad meminta pemerintah untuk mewaspadai kenaikan biaya impor, sebagai dampak dari terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Diketahui, pada perdagangan 5 Juli 2022 lalu, rupiah menyentuh level psikologis baru dengan posisi di atas Rp 15 ribu per dolar AS.

Karena itu, dia mengingatkan dampak pelemahan rupiah harus diantisipasi, khususnya untuk komoditas bahan baku yang berasal dari negara lain.

"Pelemahan nilai tukar rupiah bisa memicu imported inflation atau kenaikan biaya impor," kata Kamrussamad seperti dikutip, Senin, 11 Juli 2022.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan sejauh ini memang imported inflation belum dirasakan karena produsennya masih menahan harga di tingkat konsumen.

Hal ini, kata dia, tentu akan berdampak sistematis kepada kenaikan harga.

"Tapi kalau rupiah tertekan, biaya impor akan naik signifikan akibat selisih kurs dan imbasnya ke konsumen juga," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan inflasi indeks harga konsumen di Juni ini meningkat 4,35 persen dibanding tahun sebelumnya. Padahal Mei dan Juni lalu, nilai tukar rupiah masih di bawah Rp 15.000.

"Apabila tidak diantisipasi, persoalan ini akan mendorong kenaikan inflasi yang saat ini sudah tinggi," ucap Kamrussamad.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya