News Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:08

Waspadai Ketidakmampuan Negara Lain Atasi Pandemi, Meski Ekonomi Indonesia Cukup Baik

Lihat Foto Waspadai Ketidakmampuan Negara Lain Atasi Pandemi, Meski Ekonomi Indonesia Cukup Baik Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat berkunjung ke DOB Papua Selatan, Jumat. (Foto:Kemendagri)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ingatkan seluruh pemerintah daerah dan masyarakat waspada atas ketidakmampuan negara lain dalam mengendalikan perekonomian dan inflasi.

Mendagri mengingatkan hal tersebut agar tidak ikut mempengaruhi kondisi perekonomian dalam negeri.

"Ekonomi Indonesia tumbuh cukup baik, namun yang perlu diwaspadai adalah ketidakmampuan negara-negara lain mengatasi pandemi Covid-19. Mereka tidak sesukses Indonesia dan ketidakmampuan mereka untuk menjaga ekonominya bangkit seperti Indonesia ini," kata Tito Karnavian saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.

Menurut dia, ketidakmampuan negara lain dalam mengendalikan perekonomian dan inflasi tersebut bisa berdampak kepada Indonesia karena RI merupakan bagian dari sistem ekonomi global.

Ia mencontohkan seperti China, Hong Kong, Australia, dan Jepang yang masih sibuk mengendalikan pandemi Covid-19 sehingga berdampak pada perekonomian negara-negara tersebut.

Kemudian, krisis perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, sementara Rusia merupakan negara besar dan salah satu pemasok komoditas dunia seperti bahan bakar, energi dan gandum.

Mendagri melanjutkan, negara-negara barat dan Eropa merespons dengan menjatuhkan sanksi embargo terhadap Rusia. Kondisi tersebut membuat pasokan global terganggu, inflasi komoditas, dan Indonesia juga ikut terdampak pengaruh global tersebut.

"Berhadapan krisis Rusia-Ukraina memang perang ini jauh di sana, tapi Rusia pemain besar, rule of game politik dan ekonomi internasional. Kalau perangnya antara negara kecil mungkin tidak terlalu berdampak, tetapi Rusia pemasok energi BBM nomor 4 dunia, penguasa gandum nomor 2 dunia," ucap Tito Karnavian.

Oleh karena itu, Mendagri mengingatkan semua pihak terutama pemerintah daerah untuk selalu waspada terhadap pengaruh ekonomi dunia.

Hal itu karena kontribusi pemerintah daerah dalam mengendalikan harga di masing-masing daerah berdampak besar dalam mengendalikan inflasi nasional.[] (ANTARA)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya