News Minggu, 19 Desember 2021 | 08:12

WHO Sebut Omicron Ditemukan di 89 Negara

Lihat Foto WHO Sebut Omicron Ditemukan di 89 Negara Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Foto: Opsi/Pixabay).
Editor: Yohanes Charles

Jenewa - Varian Omicron dari Covid-19 telah terdeteksi di 89 negara dan menyebar dengan cepat bahkan di tempat-tempat dengan tingkat kekebalan populasi yang tinggi, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut WHO Kasus Omicron berlipat ganda setiap 1,5 hingga 3 hari di negara-negara dengan penularan komunitas dari varian tersebut – artinya, tidak ditularkan hanya oleh orang yang terinfeksi di luar negeri.

“Keuntungan pertumbuhan substansial” Omicron atas varian Delta berarti kemungkinan akan segera menyusul Delta sebagai varian dominan di negara-negara itu, kata badan kesehatan PBB ini dikutip Opsi dari Euronews pada Minggu 19 Desember 2021.

Masih belum jelas apakah pertumbuhan kasus Omicron yang cepat adalah karena varian menghindari kekebalan yang ada, secara inheren lebih menular daripada varian sebelumnya, atau kombinasi keduanya.

Pertanyaan besar lainnya tentang Omicron tetap tidak terjawab, termasuk seberapa efektif masing-masing vaksin Covid-19 yang ada untuk melawannya.

Negara-negara di seluruh Eropa bergerak untuk menerapkan kembali langkah-langkah yang lebih keras untuk membendung gelombang baru infeksi yang dipicu oleh Omicron, yang memicu seruan protes dari Paris hingga Barcelona.

Ketika jumlah kasus meningkat, Prancis dan Austria memperketat pembatasan perjalanan, sementara Paris membatalkan pesta kembang api malam tahun baru.

Negara-negara lain yang telah memberlakukan langkah-langkah baru karena Omicron termasuk Denmark, yang menutup tempat-tempat umum seperti teater dan gedung konser, dan Irlandia, di mana pub dan bar hanya dapat bekerja sampai jam 8 malam.

WHO pertama kali melabeli Omicron sebagai varian kekhawatiran pada 26 November 2021alu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya