Daerah Minggu, 30 April 2023 | 15:04

Wisata Politik dan Silaturahmi Idul Fitri di Bandar Masilam, Ini Kata Rudolf Saragih

Lihat Foto Wisata Politik dan Silaturahmi Idul Fitri di Bandar Masilam, Ini Kata Rudolf Saragih Bakal Calon Anggota DPR RI, Rudolf V Saragih (kemeja merah). (Foto: Istimewa)

SimalungunRudolf V Saragih melakukan kunjungan dan wisata politik ke kediaman Drs Ahmad Syahroni di Jalan Pesantren Huta I, Nagori Bandar Rejo, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Jumat, 28 April 2023.

Pertemuan dalam suasana kekeluargaan berlangsung sejak pukul 16.00 WIB hingga 19.30 WIB ini dilakukan Rudolf, sekaligus mengawali langkah politiknya pasca cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Mantan Senior Vice President Bank Tabungan Negara (BTN) ini merupakan bakal calon anggota DPR RI dari PDI Perjuangan (PDIP) dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatra Utara III, meliputi Binjai, Langkat, Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Batu Bara, Asahan, dan Tanjung Balai.

Pada pertemuan itu, Rudolf tak sendiri. Ia didampingi ketua tim pemenangan, yakni Simon Saragih, kemudian Albert Sinaga, dan Alboin Purba. Mereka disambut langsung tokoh masyarakat Moh. Aliaman H Sinaga SE dan Drs Ahmad Syahroni.

Pertemuan diawali salam perkenalan diri, ia juga mengungkapkan niatannya untuk melakukan pendaftaran sebagai bakal calon anggota DPR RI ke KPU RI yang dimulai pada 1 Mei 2023 - 14 Mei 2023.

Selain itu, Rudolf juga melakukan bincang-bincang politik dengan para tokoh, sekaligus membahas hal-hal yang berkenaan tentang pelaksanaan Pemilu 2024.

Rudolf menyampaikan beberapa program unggulan bila dirinya nanti terpilih menjadi anggota DPR RI Periode 2024-2029.

Lebih lanjut, ia juga memohon doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Simalungun khususnya, untuk mewujudkan niat luhur sebagai penyambung dan penampung aspirasi masyarakat di Senayan nantinya.

"Sebelum saya niatkan untuk maju menjadi salah satu calon anggota DPR RI, saya sudah pastikan lebih dahulu, bahwa saya tidak berniat untuk mencari proyek dalam skala nasional nantinya. Sebab hal itu sangat bertentangan dengan hati nurani saya, keinginan istri, dan anak saya," kata Rudolf seperti meneruskan keterangannya, Minggu, 30 April 2023.

Keinginan untuk maju menjadi calon anggota DPR RI, lanjutnya, lahir dari hati nurani yang tulus dan ikhlas. Hal itu dilakukan demi kepentingan masyarakat.

"Oleh karenanya saya sangat mengharapkan doa sekaligus dukungan dari kita semua," tuturnya.

Potensi CSR

Rudolf Saragih juga mengungkapkan adanya potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk hajat hidup masyarakat di 10 kabupaten/kota yang merupakan Dapil Sumut III.

Dia berpendapat, banyaknya perusahaan perkebunan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di wilayah tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Pemanfaatan itu dapat dilakukan dengan mengeluarkan corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang dimaksud.

"Ini tentunya bila kita himpun anggaran CSR, ini benar benar sangat bermanfaat untuk masyarakat kita secara keseluruhan," jelas Rudolf.

Hanya saja, kata Rudolf, untuk menghimpun dan memanfaatkan CSR ini tentunya membutuhkan relasi yang baik dengan masing-masing pihak perusahaan yang ada.

"Nah, inilah yang saya maksudkan bila nanti saya terpilih kita punya kesempatan untuk menghimpun CSR ini. Sebab dana CSR ini juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sosial, keagamaan juga untuk kepentingan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Rudolf melihat dan mencermati, saat ini di lapangan seperti ada jarak pemisah antara wakil rakyat dengan rakyatnya. Sehingga hal-hal yang menjadi keluhan dari masyarakat itu sendiri tidak terakomodir dengan baik oleh wakil rakyat yang ada di Senayan.

"Oleh sebab itu, saya berharap kiranya dengan pertemuan kita pada hari ini, dapat berkesinambungan untuk hari-hari berikutnya. Sehingga apa yang menjadi niat kita bersama, yaitu sinergitas antara rakyat dengan wakil rakyat dapat terjalin dengan baik," ucapnya.

Moh.Aliaman H Sinaga dalam kesempatan itu menegaskan bahwa rakyat kelas bawah sebenarnya tidak banyak basa-basinya.

"Hanya saja bila telah terpilih nantinya dan duduk menjadi anggota DPR RI, ingat-ingatlah kami-kami ini, dalam arti bukan untuk ingat secara pribadi-pribadi, tetapi bantulah warga masyarakat kita yang ada di daerah ini," ujar Aliaman.

"Agar apa yang diperbincangkan pada hari yang penuh berkah ini, dapat dirasakan manfaatnya untuk kepentingan hajat hidup masyarakat kita yang ada di 10 kabupaten/kota ini," tutur CEO Kabarsimalungun.com, sebuah media yang banyak mengangkat isu soal Simalungun.

Hal sama disampaikan tokoh masyarakat Kecamatan Bandar Masilam, Drs Ahmad Syahroni, yang juga Pemimpin Redaksi Kabarsimalungun.com.

Dia menyampaikan bahwa Sumatra Utara memiliki anggota DPR RI sebanyak 30 orang, yang berasal dari berbagai partai politik.

Namun, sambungnya, bila dilihat dari sisi kehidupan masyarakatnya terutama di bidang pembangunan fisiknya, masih tidak berimbang bila dibandingkan dengan besaran gaji anggota DPR RI per tahunnya.

"Artinya, Sumatra Utara masih mengalami kesenjangan yang sangat signifikan di bidang pembangunan yang bersumber dari APBN. Walaupun saat ini ada bangunan jalan tol, itu adalah program kerja Presiden Jokowi dalam proyek strategis nasional atau PSN," tuturnya.

Dia menegaskan, andai saja ke-30 orang wakil rakyat yang duduk di Senayan saat ini bergerak bersama untuk membangun Sumatra Utara, bukan suatu hal yang sulit mendorong pembangunan yang lebih kencang.

"Karenanya, bila nanti Pak Rudolf V Saragih terpilih, diharapkan mampu mendongkrak sistem yang lebih baik untuk dibawa pulang ke Sumatra Utara. Sehingga tidak timbul kekecewaan bagi masyarakat yang telah bersusah payah membantu memenangkan Pak Rudolf nantinya," tukas Ahmad Syahroni. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya