Daerah Senin, 15 Januari 2024 | 18:01

Wujudkan Siantar Sehat, Susanti Bilang Petugas Puskesmas Jadi Garda Terdepan

Lihat Foto Wujudkan Siantar Sehat, Susanti Bilang Petugas Puskesmas Jadi Garda Terdepan Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menyebut pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang.

Untuk itu, kata dia, dalam mewujudkan Siantar yang Sehat, petugas Puskesmas menjadi garda terdepan dan ujung tombak untuk mewujudkan kesehatan yang memadai, seperti yang diharapkan seluruh masyarakat.

Demikian disampaikan Susanti saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kesehatan di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pematang Siantar, Jalan Sutomo, Senin, 15 Januari 2024.

Ia menjelaskan, optimalisasi pelaksanaan pelayanan kesehatan, dalam hal ini 19 Puskesmas di Siantar telah selesai dinilai akreditasinya, dengan hasil Utama dan Paripurna.

Atas pencapaian tersebut, dia memberikan apresiasi dan mengharapkan Puskesmas semakin meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat yang sehat, sejahtera, dan berkualitas.

Ia juga berharap pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat dengan cara preventif dan promotif.

Di depan ratusan petugas Puskesmas, Susanti menekankan untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik, maka sejumlah Program Kesehatan Nasional dilaksanakan di Siantar.

Hal itu meliputi peningkatan kondisi Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (KEK), KB, Kesehatan Reproduksi, Percepatan Perbaikan Gizi, Peningkatan Pengendalian Penyakit, dan sejumlah program lainnya.

"Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berkolaborasi dan bekerja sama dengan stakeholder," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan ada beberapa langkah pilar transformasi kesehatan guna mendapatkan perubahan yang lebih baik, meliputi Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

"Dan ada satu lagi, yang sangat mempengaruhi kinerja kita semua, yakni Transformasi Budaya Kerja para insan kesehatan. Sehingga dengan pilar ketujuh ini, seluruh ASN terutama di Dinas Kesehatan mempunyai akhlak yang sesuai dengan yang diharapkan," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Susanti menekankan percepatan digitalisasi data kesehatan melalui penggunaan rekam medis elektronik yang tergabung ke platform SatuSehat.

"Untuk itu kepada dinas terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Diskominfo untuk mendorong fasilitas kesehatan ini," tukasnya.

Selain itu, dia juga menekankan untuk menyediakan perangkat jaringan dan SDM yang memadai agar digitalisasi data kesehatan dapat terlaksana.

Hal lainnya, sambungnya, memanfaatkan teknologi digital dan biomedis untuk pelayanan kesehatan, termasuk Telemidicine dan Pelayanan Kedokteran Presisi.

Tidak lupa, dia mengucapkan terima kasih atas capaian Akreditasi Puskesmas dengan hasil Utama dan Paripurna.

"Semoga kita selalu sehat untuk mewujudkan Siantar Kota Sehat," ucap Susanti.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Siantar, Irma Suryani menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan program kesehatan masyarakat pada level Puskesmas dan Dinas Kesehatan dapat bergerak seiring sejalan untuk mendukung percepatan transformasi kesehatan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya