Daerah Sabtu, 03 September 2022 | 13:09

Yara Sarankan Asrama Abdya di Banda Aceh Ditempati Mahasiswi

Lihat Foto Yara Sarankan Asrama Abdya di Banda Aceh Ditempati Mahasiswi Ketua Yara Abdya dan Aceh Selatan, Suhaimi. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Blangpidie - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Aceh Selatan, Suhaimi menyarankan agar asrama mahasiswa Abdya di Banda Aceh ditempati mahasiswi.

Saran ini dikatakan Suhaimi menyusul adanya temuan yang disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Abdya H. Darmansah di mana ia melihat langsung kondisi asrama yang tidak terawat. Sampah terlihat berserakan di dalam dan luar ruang asrama.

"Kami menyarankan pemerintah daerah menempatkan mahasiswa putri di asrama tersebut," kata Ketua YARA Abdya, Suhaimi, Sabtu, 3 September 2022 di Blangpidie.

Menurut dia, alasan asrama itu ditempati oleh mahasiswa putri demi menjaga kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan, sehingga asrama itu benar-benar terjaga dengan baik.

"Tentu kondisi asrama yang berserakan sampah ini sangat kita sayangkan. Sebenarnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah itu harusnya dijaga dengan baik, apalagi asrama itu adalah `rumah` bagi mahasiswa dan diberikan secara cuma-cuma untuk ditempati," ujarnya.

Dia mencontohkan asrama mahasiswa Abdya yang ada di Meulaboh, Aceh Barat. Asrama itu kini ditempati oleh mahasiswi dan kondisinya terawat dengan baik.

"Oleh karenanya, kami menyarankan agar asrama mahasiswa Abdya di Banda Aceh juga ditempati oleh mahasiswa putri. Kami yakin pasti lebih mudah terkontrol dan orang tua kita di Ikatan Masyarakat Abdya (Ikamabdya) juga mudah melakukan komunikasi dengan mereka," tuturnya.

Untuk memaksimalkan pengontrolan, lanjutnya, pemerintah hanya tinggal memberikan tanggung jawab dan kerja sama dengan Ikamabdya terkait masalah asrama tersebut.

"Nanti tinggal direkomendasikan oleh Ikamabdya siapa yang cocok untuk menjadi orang tua asrama, tentu semua itu juga atas persetujuan Pj Bupati. Minimal, asrama itu tidak hanya menjadi tempat istirahat, tapi ada kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan di asrama, baik itu bentuk pengajian dan lain sebagainya," ucap Suhaimi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya