Hiburan Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:08

YouTube Luncurkan Fitur Baru untuk Podcasting

Lihat Foto YouTube Luncurkan Fitur Baru untuk Podcasting Logo YouTube. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Platform berbagi video YouTube dikabarkan bakal meluncurkan halaman khusus untuk produk podcast. Fitur baru ini, digadang-gadang bakal menjadi ancaman untuk Spotify dan Apple.

Laman The Verge melaporkan, saat ini YouTube secara tidak sengaja justru menjelma menjadi platform podcast yang paling banyak digunakan. Seolah berdamai dengan keadaan, mereka justru membangun fitur khusus untuk hal itu.

Podcast atau siniar, secara harafiah merupakan produk audio on demand. Namun belakangan, jenis hiburan yang satu ini justru banyak bermunculan di platform YouTube yang sejatinya merupakan tempat berbagi video.

Lantaran batas antara podcasting dan YouTube kabur, setiap langkah yang diambil YouTube untuk mengkonsolidasikan antara menonton dan mendengarkan, dinilai dapat menimbulkan tantangan Spotify dan Apple Podcasts yang menjadi pesaingnya.

Mengutip 9to5Google, halaman khusus podcast didebut oleh YouTube pada akhir Juli 2022 lalu dan masih dalam proses pengembangan jelang peluncuran.

Saat ini, fitur tersebut hanya dapat diakses di Amerika Serikat dengan halaman youtube.com/podcasts atau dapat diakses melalui halaman pencarian di aplikasi atau browser).

Halaman baru ini menampilkan acara dan saluran yang sedang tren yang sudah memiliki jutaan pelanggan, seperti Podcast H3 atau podcast Logan Paul, tetapi sebaliknya tidak menunjukkan banyak kurasi.

Halaman ini hampir tidak secanggih platform podcast saingan, tetapi itu mungkin tidak terlalu penting.

Logo YouTube. (Foto: Pixabay)

Sebuah studi oleh Cumulus pada bulan Mei menemukan bahwa YouTube sudah mengungguli Apple Podcast dan Spotify, berkat munculnya podcast video dan kemudahan penggunaan, jadi mungkin lebih pintar untuk tetap menggunakan format yang sudah diketahui pemirsa.

Kehadiran YouTube di ruang podcasting terjadi lebih banyak melalui osmosis daripada sebagai strategi yang disengaja.

Apple adalah raksasa teknologi pertama yang memasuki ruang angkasa, meluncurkan podcast pada 2005.

Sementara Spotify mulai secara agresif mengejar podcasting pada 2019 dengan akuisisi studio dan teknologi serta kesepakatan blockbuster dengan bintang seperti Joe Rogan dan Alex Cooper.

Sementara itu, podcast di YouTube terjadi begitu saja karena semuanya berakhir di YouTube dengan satu atau lain cara.

Podcasting masih menjadi bagian kecil untuk YouTube. Streamer menghasilkan US$28,8 miliar untuk perusahaan induknya, Google, pada tahun 2021.

Baca juga: Aplikasi YouTube Go Resmi Dihapus, Tak Lagi Tersedia di Google Playstore

Baca juga: Penyanyi Cover YouTube Adityo Prakoso Rilis Single Perdana

Sementara menurut sebuah studi oleh Interactive Advertising Bureau, seluruh industri podcast baru saja melewati angka US$1 miliar pada tahun lalu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya