Pena

Sekjen ICMI Kabupaten Bekasi : “Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati di berikan kepada Camat”

BEKASI ( OPSI.ID ) – Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan, disebutkan bahwa kecamatan adalah sebuah perangkat daerah kabupaten/kota sekaligus penyelenggara pemerintahan umum.

Kelurahan dalam PP Kecamatan disebutkan sebagai perangkat Kecamatan, kelurahan bukan lagi perangkat daerah, hal ini adalah amanat dari Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pelimpahan sebagian kewenangan bupati/wali kota kepada camat dilaksanakan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kecamatan dan mengoptimalkan pelayanan publik di Kecamatan sebagai perangkat daerah yang berhadapan langsung dengan masyarakat. 

Hal tersebut yang harus benar-benar di pahami jangan sampai keadaan justru terbalik. Keterbatasan pemahaman dan kapasitas teknis dari aparat kecamatan yang masih berfokus pada hal-hal administratif sering kita temukan. Peran kecamatan  sangat vital karena pemerintahan kecamatan sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan kewenangan Bupati yang dilimpahkan kepada camat untuk menangani otonomi daerah yang meliputi aspek perijinan , rekomendasi, koordinasi , pembinaan dan pengawasan. 

Oleh karena itu seorang camat harus berperan aktif melaksanakan tugas pokok dan fungsinya serta lebih peduli terhadap kebutuhan masyarakat, proaktif dalam memantau kondisi diwilayahnya. Tupoksi seluruh aparat di kecamatan harus paham dalam melayani masyarakat.

Jangan sampai ruangan-ruangan kantor di Kecamatan yang harusnya aktif melayani masyarakat kosong, itu yang akan menghambat roda pemerintahan.

Masyarakat juga wajib mengetahui tupoksi seorang Camat serta aparaturnya agar masyarakat  paham regulasi pemerintahan tingkat Kecamatan.

Seperti Camat dalam tugasnya yaitu salah satunya melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, selanjutnya tugas Sekretaris Kecamatan yaitu Membantu Camat dalam memimpin, merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, kerumahtanggaan, informasi kehumasan dan ketatausahaan serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,serta tugas bidang dan seksi-seksi lain  seperti bagian Program yang fungsinya Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pelayanan dan pengkoordinasian penyusunan rencana dan program kerja.Program-program yang di bentuk untuk memfasilitasi, melayani dan memberdayakan masyarakat harus dilakukan dengan cara yang efektif,berkesinambungan dan nyata dirasakan masyarakat karena ingat, pelimpahan sebagian kewenangan Bupati langsung di berikan kepada Camat. 

Selanjutnya yang perlu di garis bawahi sekarang adalah sejauh mana masyarakat paham dan mengerti fungsi dengan adanya Kecamatan, dan sejauh mana peran Kecamatan kepada masyarakat.

Total Page Visits: 615 - Today Page Visits: 1

Penulis:Ridho

Editor :Redaksi

Sumber :OPSI.ID,ICMI ORDA KAB.BEKASI