Daerah

Warga Pakis Malang Keluhkan Tempat Pengelolahan Limba B3 Diduga Tidak Berizin !! Polres Dan BLH Malang Tutup Mata

Tempat Limbah B3 yang diduga tidak mengantongi izin

Malang. Opsi.id – Warga Dusun Borobugis, Desa Asrikraton Kec. Pakis Kab. Malang Mengeluh dengan tempat pengelolahan Limbah B3 Bahan Berbaya dan Beracun Jenis Fly Ash atau debu terbang  yang terbawa angin dan menyebar ke rumah-rumah yang berada di sekitar tempat CV. Cahaya Mitra Asri yang mengelolah limbah B3 Bahan berbahaya dan Beracun, Yang Patut diduga tak berizin.

“Saya sangat khawatir dan kecewa dengan polusi ini. Apalagi saya punya bayi. Anak-anak di lingkungan ini sering banget batuk dan pilek,” kata seorang ibu rumah tangga di sekitar pabrik kepada Opsi.id yang enggan disebutkan namanya.

 
Dilain tempat Pak sulian, juga mengeluh kaitan dengan limbah Ply Ash, apalagi kalau pengendara lewat itu sangat mengganggu sekali untuk kesehatan, apalagi kalau malam sekitar pukul 03.00Wib melakukan pembongkaran, debunya bisa kemana – mana akibatnya mengganggu pernafasan warga yang sedang beristirahat. Ujar
 
Menurut Penjaga yang berada ditempat CV. Cahaya Mitra Asri menjelaskan selain mengelolah, pria ini juga menyebut bahwa keamanan wilayah seperti Polsek sudah mendapat jatah atau atensi setiap bulannya. selain itu juga Pemilik CV. Cahaya Mitra Asri Yahya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp justru menunjukan foto yang diduga anggota TNI AL, Apa maksud dari bos limbah B3 ini?? tanya seorang wartawan.?
 
Menurut salah satu Wartawan dari media PersBhayangkara.id Tidak dibenarkan limbah B3 Bahan berbahaya dan beracun jenis Fly Ash di bekingi oleh seorang anggota TNI, atau sekalipun kepolisian. heran saya melihat bos CV. CMA, jangan anggap sudah menjamin pihak keamanan, lantas kegiatan pengelolahan limbah B3 jadi aman. Ujarnya

Sedangkan prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terlalu sulit, karena didasarkan kepada Peraturan Pemerintah (PP) No. 101 tahun 2014 yang memasukkan faba sebagai limbah B3, dan dilakukan dalam rangka pengendalian dampak lingkungan hidup.

Limbah bahan berbahaya dan beracun yang selanjutnya disingkat limbah B3 adalah sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang karena sifat atau konsentrasinya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup, dan dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lain.

Pemerintah dalam hal ini sudah banyak menggulirkan sejumlah paket penyederhanaan peraturan dalam bentuk paket kebijakan ekonomi, namun khusus untuk faba masih tetap dikategorikan sebagai limbah B3. Prosedur yabg harus dilalui dirasa sangat sulit oleh pengusahan yang bergerak dibidang industri tersebut.

Kapolres Malang AKBP. Yade Setiawan Ujang saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp memberikan petunjukan agar berkoordinasi dengan Kasat Reskrim,.

“Koordinasi Kasatreskrim ya”. Jawabnya melalui pesan singkat.

Namun ketika Kasat Reskrim Polres Malang AKP. Adrian Wimbarda akan di klarifikasi kaitan temuan Limbah B3 jenis Fly Ash tidak ditempat.

Penulis:Team

Editor :redaksi

Sumber :OPSI.ID