News Sabtu, 28 Mei 2022 | 20:05

Andriyas Tuhenay Kembali Jadi Ketua PAC Pemuda Pancasila Matraman

Lihat Foto Andriyas Tuhenay Kembali Jadi Ketua PAC Pemuda Pancasila Matraman Dr. Andriyas Tuhenay (kanan) resmi kembali menjadi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.(Foto:Istimewa)

Jakarta - Aktivis lintas agama sekaligus Ketua DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Bidang Hubungan Gereja dan Lembaga Keumatan, Dr. Andriyas Tuhenay resmi kembali menjadi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Andriyas mengaku, dengan dirinya terpilih kembali sebagai Ketua Pemuda Pancasila Matraman, bukanlah tugas yang ringan. Namun, dirinya mengaku siap menjalankan amanah dengan bertanggung jawab.

Menurutnya, yang paling penting dan utama adalah adanya kaderisasi dan sinergi antara pengurus ranting dan pengurus PAC dalam membangun organisasi Pemuda Pancasila di Matraman.

Dia mengungkapkan, dengan memantapkan sinergi dan kaderisasi sejak awal, maka akan melahirkan generasi yang mampu membawa perubahan.

"Ini adalah tugas kita sebagai pemuda Indonesia. Harus siap menjadikan segala kondisi supaya menjadi peluang. Maka dari itu sinergi dan kaderisasi harus kita mantapkan, sehingga cita-cita organisasi serta bangsa ini bisa kita gapai," kata Andriyas dalam keterangannya, Sabtu, 28 Mei 2022.

Ke depan, kata dia, akan banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan tentunya periode yang lalu menjadi evaluasi untuk anggota yang tidak tertib dan tak aktif.

"Bagi oknum yang mengaku anggota Pemuda Pancasila Matraman tapi tidak bisa loyal dengan organisasi, jangan sekali-sekali "menjual nama organisasi" dan membuat malu organisasi yang kita cintai ini terutama bagi yang tidak bisa memberi sumbangsih ke organisasi, jangan menuntut untuk organisasi dapat memberikan sesuatu kepada dirinya. Dalam penertiban tentunya semua itu adalah demi kebaikan bersama," ujarnya.

Kendati demikian, dia pun mengakui masih adanya stigma Pemuda Pancasila yang sering disamakan dengan premanisme.

"Ini pelan-pelan akan kita ubah. Stigma ini akan kita hilangkan. Ormas PP adalah benteng terdepan di masyarakat yang memiliki tugas untuk menjaga ideologi Pancasila. Hal ini supaya tidak dirongrong dengan ideologi lain. Ini tugas kita bersama," tuturnya.

"Membawakan jargon sekali layar terkembang, surut kita berpantang, pemuda Pancasila harus terus maju demi tercapainya Pancasila abadi di Indonesia," ucapnya menambahkan.

Hal tersebut, lanjutnya, supaya sejak dini sudah tertanam jiwa kebangsaan dan keberagaman bagi setiap pemuda, khususnya di lingkungan Matraman.

"Pemuda Pancasila Matraman, harus dapat mensosialisasikan, menjaga dan mengamanatkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Dia membeberkan, dalam beberapa waktu ke depan di masa kepemimpinannya, ormas Pemuda Pancasila PAC Matraman akan menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat dan tentunya dalam berbagai aspek kehidupan di daerah tersebut.

"Saya dan seluruh jajaran pengurus Pemuda Pancasila Matraman periode 2022-2025 akan berusaha, supaya kehadiran ormas Pemuda Pancasila di Matraman dapat menjadi jawaban bagi setiap kebutuhan seluruh masyarakat Matraman," ucap Andriyas Tuhenay.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya