News Selasa, 02 Mei 2023 | 12:05

Jokowi Lepas Kontingen SEA Games 2023, Pasang Target Peringkat 1 atau 2

Lihat Foto Jokowi Lepas Kontingen SEA Games 2023, Pasang Target Peringkat 1 atau 2 Menpora Dito Ariotedjo. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi melepas kontingen Indonesia ke SEA Games ke-23 di Kamboja dari Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa, 2 Mei 2023.

Sebanyak 599 atlet akan mengikuti 31 cabang olahraga, diberangkatkan. Jokowi pun memasang target maksimal kepada kontingen.

Jika pada SEA Games di Vietnam, Indonesia peringkat 3 dengan raihan 69 emas, maka untuk SEA Games di Kamboja, Jokowi meminta lebih dari itu.

"Saya hanya pesan, di SEA Games Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ke-3. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3. Pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau peringkat 2," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, target dimaksud tidak gampang dan mudah. Namun atlet yang diberangkatkan memiliki bekal yang sangat cukup untuk berlaga.

"Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah. Tetapi saya melihat atlet yang hadir di sini maupun yang berangkat tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga bertanding di Kamboja," katanya seraya secara secara resmi melepas kontingen.

Menpora Dito Ariotedjo dalam laporannya mengatakan, kontingen Indonesia yang akan mengikuti 31 cabang olahraga dari total 36 cabang yang dipertandingkan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bagikan Bonus Rp 162,5 Miliar ke Tim Sea Games 2022

Jumlah atlet yang mengikuti SEA Games ke-32 tahun 2023 sebanyak 599 atlet dengan didampingi pelatih dan official sebanyak 230, serta dukungan tim headquarter dan tenaga keolahragaan yang terdiri dari dokter paramedis, tim recovery sebanyak 55 orang  dengan total kontingen 884 orang.

Beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding lebih awal, seperti sepak bola, kriket, dan hoki indoor. Rombongan besar akan mulai berangkat pada 4 Mei 2023.

Menurut Dito, sesuai dengan desain besar Olahraga Nasional SEA Games ke-32 tahun 2023 merupakan sasaran antara untuk meraih prestasi di Asian Games dan Olimpiade yang menjadi target utama.

"Bertepatan pula hari ini 2 Mei memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hierarki pendidikan ada tiga faktor, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor yang salah satu aspeknya melalui aktivitas jasmani," katanya. 

Disebutnya, komposisi kontingen Indonesia di SEA Games ke-32 tahun 2023 terdiri dari 70 persen atlet junior yang sebagian besar berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.

Hal ini kata dia, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda  menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui atmosfer multi event internasional, sehingga dapat berprestasi di masa yang akan datang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam mengimplementasikan visi pembangunan sumber daya manusia. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya