News Sabtu, 29 April 2023 | 18:04

Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Tekuk Filipina 3-0

Lihat Foto Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Tekuk Filipina 3-0 Marselino (7) selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Timnas U-22 Indonesia meraih hasil positif dalam laga perdana sepak bola SEA Games di Kamboja, Sabtu, 29 April 2023.

Bertanding di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Marselino Ferdinan dkk menang 3-0 atas Filipina.

Gol pertama dicetak Marselino menit 45`. Dua gol berikutnya tercipta pada babak kedua, lewat kaki Irfan Jauhari menit 89` dan Muhammad Fajar menit 90+2`.

Indonesia meraih tiga poin dari laga ini. Grup A diisi Filipina, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Indonesia.

Laga babak perdana ini pelatih Indra Sjafri menurunkan Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang. 

Lini belakang dijaga Ilham Rio Fahmi, Rizki Ridho sekaligus kapten, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Beckham Putra Nugraha, Ananda Raehan Alif.

Kemudian, Ferdinan Marselino dan Jeam Kelly Sroyer di lini tengah, serta Ramadhan Sananta dan Witan Sulaeman di barisan depan.

Laga babak pertama lini serang timnas Indonesia kurang koordinasi meski cukup banyak melakukan tekanan ke bagian pertahanan Filipina.

Gol pembuka dilesakkan Marselino memanfaatkan umpan cantik dari Rio dari sisi kanan pertahanan Filipina. 

BACA JUGA: Timnas Indonesia Masuk Grup A SEA Games 2023, Pelatih Klaim Siap Tempur

Marselino yang berdiri di tengah area pertahanan Filipina menerima umpan dan sekali sentuh, langsung menceploskan bola secara datar dan tak bisa dijangkau kiper.

Babak kedua, timnas Indonesia masih mendominasi laga. Menit 58` terjadi pelanggaran di area terlarang pertahanan Filipina dan wasit menunjuk titik putih.

Kapten Ridho mengambil peran sebagai eksekutor. Sayang, dia gagal membuahkan gol. Kiper Filipina sukses memblok tendangannya.

Gol kedua baru tercipta di masa injury time. Sebuah kerja sama satu dua, terjadi di lini pertahanan Filipina berhasil menciptakan gol lewat kaki Irfan Jauhari yang masuk di babak kedua.

Sebuah tendangan keras dari sisi kanan kiper lawan, menjebol gawang Filipina. Gol kedua juga terjadi di babak pertambahan waktu, lewat kaki Fajar yang menerima umpan dari sisi kanan kiper.

Tanpa pengawalan, Fajar menerima umpan dan langsung menendang ke gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Filipina.

Hingga babak kedua dengan tambahan waktu empat menit berakhir, skor tak berubah 3-0 untuk timnas U-22.

Setelah laga ini, Indonesia akan turun melawan Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste tanggal 7 Mei dan Kamboja tanggal 10 Mei. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya