Daerah Jum'at, 19 Agustus 2022 | 20:08

Kapal Terbakar di Dermaga Distrik Assue Papua, Menyebabkan Satu Korban Jiwa

Lihat Foto Kapal Terbakar di Dermaga Distrik Assue Papua, Menyebabkan Satu Korban Jiwa Kapal terbakar di Dermaga Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Papua - Kapal terbakar di Dermaga Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua. 16 Anak Buah Kapal (ABK) menjadi korban insiden tersebut, satu diantaranya meninggal dunia.

Dua kapal yang terbakar merupakan kapal kayu Purnama dan kapal minyak LCT Spob Cahaya Al-Arrahim. Kebakaran terjadi pada hari Kamis 18 Agustus 2022, sekitar pukul 01.45 WIT.

"Dua kapal yang terbakar yakni kapal kayu Purnama dan kapal LCT Spob Cahaya Al- Arrahim di Dermaga Distrik Assue Kabupaten Mappi terbakar," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Jumat 19 Agustus 2022.

Menurut keterangan saksi, api berasal dari kapal kayu Purnama milik Ucok yang saat itu bersandar di sebelah kapal minyak milik Pertamina.

Api kemudian merambat ke kapal minyak yang menyebabkan api membesar hingga menimbulkan ledakan.

"Untuk penyebab pastinya kebakaran tersebut, masih dilakukan penyelidikan oleh personel Satuan Reskrim Polres Mappi dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi," ucapnya.

Menurut dia, kapal LCT Pertamina saat itu telah melakukan pembongkaran BBM. Kapal tersebut sandar sembari menunggu surat jalan kembali ke Merauke dari Dishub Distrik Asgon.

Dalam insiden ini, 12 korban berasal dari kapal minyak LCT Pertamina. Dari 12 korban, satu orang bernama Markus Tangke ditemukan meninggal dunia dan dua orang belum ditemukan. Sisanya mengalami luka bakar.

Sedangkan di kapal kayu terdapat 4 korban, dengan rincian dua di antaranya belum ditemukan dan sisanya mengalami luka bakar.

"Korban dari kejadian tersebut ada 16 orang dari kapal kayu dan Kapal Minyak LCT Pertamina dengan rincian 1 orang meninggal dunia atas nama Markus Tangke," katanya.

Insiden ini tengah ditangani Satuan Reskrim Polres Mappi. Polisi masih melakukan pencarian terhadap sisa korban dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya