Pilihan Kamis, 01 September 2022 | 15:09

Manfaat Kesehatan Makan Hati Ayam yang Harus Anda Ketahui

Lihat Foto Manfaat Kesehatan Makan Hati Ayam yang Harus Anda Ketahui Ilustrasi beberapa manfaat hati ayam yang perlu Anda ketahui. (Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Hati ayam merupakan salah satu varietas makanan paling padat nutrisi di dunia. Dulunya, hati ayam bersama dengan jeroan lainnya merupakan makanan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Saat ini, daging otot umumnya lebih disukai daripada daging organ.

Orang sering mencari buah dan sayuran untuk nutrisi dan mineral, namun hati ayam jauh mengungguli mereka semua dalam hal kandungan nutrisi.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari makan hati ayam dilansir dari  Dr Health Benefits yang harus Anda ketahui.

1. Padat Nutrisi

Hati ayam kaya akan protein, rendah kalori, dan sarat dengan nutrisi dan mineral mendasar. Inilah sebabnya mengapa hati ayam adalah makanan yang paling padat nutrisi. Apa yang membuatnya lebih dari `makanan super` adalah nutrisinya dapat diakses secara efektif oleh tubuh. Anda mungkin ingin tahu tentang manfaat kesehatan dari laverbread .

2. Memiliki Protein Berkualitas Tinggi

Jelas, itu tidak akan menjadi sumber protein favorit baru Anda jika tidak tinggi protein. 100 gram hati ayam mengandung sekitar 172 kalori, dan 100 kalori tersebut berasal dari protein. Artinya 100 gram hati ayam lebih rendah kalori dibandingkan 100 gram dada ayam namun lebih tinggi proteinnya.

3. Kaya akan Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak, sering ditemukan pada wortel, jeruk, paprika merah, dan makanan berwarna hangat. Ini dianggap sebagai antioksidan - ciri khas dari banyak sifat menguntungkan hati ayam - membuatnya penting untuk detoksifikasi alami dan pengurangan bahaya radikal bebas selain kulit yang sehat, penglihatan, dan tulang yang kuat.

Baca juga: Sering Mengantuk Setelah Makan? Ternyata Ini Penyebabnya

Makan hati ayam pada dasarnya membuat tubuh Anda menjadi mesin detoks karena sifatnya yang paling kuat pada dasarnya adalah antioksidan.

4. Sumber Vitamin D

Ada sejumlah sumber makanan vitamin D, salah satunya adalah hati ayam. Vitamin D, yang dikenal sebagai nutrisi sinar matahari, secara alami dibingkai oleh aksi sinar matahari pada kulit dan sulit untuk mendapatkan jumlah yang cukup dari rutinitas makan Anda. Dengan tingkat sinar matahari yang rendah selama musim gugur dan bulan-bulan cuaca dingin, adalah normal jika pasokannya rendah.

Sekali lagi jenis vitamin D yang disediakan oleh hati ayam adalah D3, struktur yang lebih `aktif`, yang ditemukan dalam kadar yang jauh lebih rendah pada daging otot 

5. Tinggi zat besi

Hati ayam sarat dengan zat besi. Zat besi yang terdapat dalam hati ayam mudah diproses oleh tubuh. Zat besi membantu tubuh membuat trombosit merah dan menjaga darah tetap sehat.

Meningkatkan asupan zat besi Anda juga dapat membantu memerangi anemia. Jadi, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk menghancurkan toples mentega itu.

Tidak hanya itu, zat besi juga membantu tubuh Anda memproses protein. Jadi, selain memberi Anda protein, itu juga membantu Anda menggunakannya.

6. Penuh dengan Vitamin B12

Kekurangan umum lainnya yang sering dialami orang adalah vitamin B12. Vitamin B12 sebagian besar ditemukan dalam sumber makanan hewani seperti telur, ikan berlemak, dan, tentu saja, hati.

Banyak vegetarian akhirnya berharap untuk meningkatkan dengan B12 karena jarang dalam varietas makanan nabati, dan lebih mudah diakses oleh tubuh dari sumber makanan hewani.

7. Rendah Kalori

Sementara sebagian besar orang dapat mencapai berat badan ideal mereka hanya dengan beralih ke diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat, kalori masih berlaku.

Baca juga: Pasar Kuliner Tempo Doeloe dan Edu-eco Tour di Desa Lerep Semarang

Hati ayam pada saat yang sama tinggi protein dan rendah kalori dan menjadikannya pilihan yang luar biasa bagi orang yang ingin lebih mengembangkan komposisi tubuh mereka. Menambahkan hanya sepotong kecil hati ayam untuk makan malam mungkin akan menambah rasa kenyang secara umum.

8. Mengandung COQ10

COQ10 adalah komponen mendasar yang dibutuhkan dan digunakan setiap sel dalam tubuh Anda. Ini berlaku sebagai antioksidan dan pada dasarnya digunakan dalam pengobatan dan penangkal akibat buruk yang ditimbulkan oleh tekanan oksidatif pada jantung dan kesehatan kardiovaskular. Ini juga sangat cocok untuk orang dengan iritasi atau penyakit yang menyebabkan peradangan.

Akhirnya, sel Anda membutuhkan COQ10 untuk mengubah suplemen menjadi energi. Ini tidak dianggap sebagai nutrisi karena tubuh Anda memproduksi sebagian dari semuanya sendirian, tetapi ini adalah salah satu dari segelintir nutrisi yang luar biasa.

9. Sumber Selenium

Hanya 100 gram hati ayam mengandung lebih dari 100 persen asupan selenium harian yang disarankan. Berbicara tentang selenium, berikut adalah manfaat couscous .

Sebagai pro-imunitas dan mineral pro-tiroid, selenium mungkin memiliki lapisan signifikansi tambahan di masa sekarang. Sangat penting bagi kesehatan sistem kekebalan seseorang sehingga beberapa ilmuwan percaya bahwa kekurangan selenium memungkinkan penyebaran awal Covid-19 yang cepat ke seluruh Asia.

10. Mendukung hati

Varietas makanan yang ramah hati kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi tekanan oksidatif, mencegah perkembangan jaringan ikat yang memicu kejengkelan, dan bekerja pada kapasitas hati untuk melindungi dirinya sendiri sambil bekerja pada respons imun dan respons antioksidannya.

Nah, itulah manfaat makan hati ayam bagi kesehatan. Saat Anda melakukannya, pastikan juga untuk memeriksa manfaat kesehatan dari sup hati dan manfaat kesehatan dari hati unta. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya