News Kamis, 01 Juni 2023 | 10:06

Mourinho Gagal Bawa AS Roma Juara Liga Europa 2022/2023

Lihat Foto Mourinho Gagal Bawa AS Roma Juara Liga Europa 2022/2023 Jose Mourinho. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Jose Mourinho gagal membawa AS Roma sebagai juara Liga Europa musim 2022/2023. 

AS Roma ditekuk klub Spanyol, Sevilla dalam duel final yang berlangsung Puskas Arena, Hungaria, Kamis, 1 Juni 2023 WIB.

Penentuan kampiun harus dilakukan lewat adu penalti setelah skor 1-1 berakhir sampai babak pertambahan waktu. Sevilla menang 3-1 lewat adu penalti. 

Pada laga normal, AS Roma lebih awal unggul lewat gol Paulo Dybala pada menit ke-35’. Skor menjadi imbang 1-1, manakala Gianluca Mancini melakukan gol bunuh diri pada menit ke-55’. 

Kemenangan Sevilla ini membukukan rekor seratus persen di final Liga Europa. Dari tujuh final yang dimainkan, Sevilla selalu mengakhiri partai final sebagai juara.

Bagi AS Roma ini jadi kekalahan kedua di partai final Liga Europa. Kali pertama dan terakhir kali AS Roma mencapai final terjadi pada tahun 1991 lalu, tetapi kandas di tangan Inter Milan.

Sevilla memang bukan tim sembarangan di Liga Europa. Tujuh gelar juara yang sudah direngkuhnya adalah yang terbanyak sepanjang sejarah.

BACA JUGA: Jadwal Final Liga Europa AS Roma vs Sevilla Main Dini Hari

Enam gelar sebelumnya diraih pada tahun 2006, 2007, 2014, 2015, 2016, dan terakhir juara 2020. Tepat di tahun 2023, gelar juara kembali ke tangan Sevilla.

Tim kedua terbanyak yang meraih gelar juara adalah Juventus, Atletico Madrid, Inter Milan, dan Liverpool. Masing-masing tim meraih tiga gelar juara.

Di Liga Spanyol, Sevilla tertahan di papan tengah musim ini. Sevilla berada di peringkat ke-11 dengan perolehan 49 poin. 

Gonzalo Montiel dkk kalah 14 kali, imbang 10 kali, dan menang 13 kali dalam 37 laga. Laga terakhir akan dijalani Sevilla pada Minggu, (4/6/2023) WIB. Sevilla bertandang ke kandang Real Sociedad. 

Maki Wasit

Sementara itu video pendek beredar di media sosial, menunjukkan pelatih AS Roma Jose Mourinho memaki wasit Anthony Taylor di area parkir seusai laga final.

Mourinho diduga kesal lantaran AS Roma tidak mendapatkan hadiah penalti saat seorang pemain belakang Sevilla tampak handball di area gawang.

Bola saat itu disepak oleh pemain tengah Nemanja Matic ke bagian tengah gawang Sevilla dan bola mengenai tangan seorang pemain Sevilla. Wasit Anthony Taylor tidak menunjuk titik putih atas insiden itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya