News Jum'at, 27 Mei 2022 | 15:05

Nadiem Kenang Sosok Buya Maarif Sebagai Ulama yang Bijak dan Sederhana

Lihat Foto Nadiem Kenang Sosok Buya Maarif Sebagai Ulama yang Bijak dan Sederhana Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.(Foto:Opsi-Fernandho/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan belasungkawa atas wafatnya tokoh Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau dikenal sebagai Buya Syafii di Yogyakarta pada Jumat, 27 Mei 2022.

Nadiem mengatakan kepergian Buya Syafii Maarif merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia.

"Keluarga besar Kemendikbudristek berbelasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh bangsa yang sangat berjasa dalam penanaman nilai-nilai Pancasila melalui keteladanannya," ujar Nadiem dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 27 Mei 2022.

Menteri Nadiem meyakini karakter Buya Syafii perlu diteladani generasi muda.

“Beliau dikenal sebagai ulama dan cendekiawan yang bijaksana dan sederhana serta konsisten dalam mengawal toleransi dan inklusi," tambah dia.

Pesan Buya Syafii yang terus menerus didorong Kemendikbudristek adalah untuk membumikan Pancasila.

Nadiem mengatakan Buya Syafii mengingatkan masyarakat upaya untuk membumikan Pancasila sangat memerlukan gotong royong semua pihak, utamanya generasi muda.

"Untuk itulah Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka sehingga mata pelajaran Pendidikan Pancasila bisa dipelajari melalui praktik dan pembelajaran berbasis proyek sehingga anak-anak kita dapat langsung mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila," kata dia lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya