News Jum'at, 23 Desember 2022 | 19:12

Piala AFF 2022: Menang 2-1, Timnas Indonesia Petik Tiga Poin dari Kamboja

Lihat Foto Piala AFF 2022: Menang 2-1, Timnas Indonesia Petik Tiga Poin dari Kamboja Witan Sulaeman selebrasi usai jebol gawang Kamboja, Jumat, 23 Desember 2022. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dua gol timnas Indonesia memastikan tiga poin dipetik dari laga melawan Kamboja dalam laga Piala AFF 2022 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat, 23 Desember 2022 sore.

Dua gol tersebut disarangkan Egy Maulana Vikri menit ke-7 dan Witan Sulaeman menit ke-35 babak pertama. Gol balasan Kamboja hasil sundulan kepala Krya mentit ke-15 juga babak pertama.

Gol Egy bermula dari umpan terobosan yang dilakukan pemain Tokyo Verdy, Arhan. Bola dilambungkan ke bagian sisi kiri gawang Kamboja yang dijaga kiper Keo Soksela.

Egy menyambut umpang dengan sepakan kaki kirinya, dan bola meluncur deras ke gawang Kamboja.

Delapan menit kemudian, Saret Krya lewat set piece. Dia menerima umpan bola hasil tendangan bebas dari sisi kanan luar gawang yang dijaga Nadeo.

Bola mengenai tiang gawang, namun meluncur ke sisi dalam gawang dan gol. Skor berubah menjadi 1-1.

Pemain Indonesia terus melakukan serangan secara bertubi ke area pertahanan Kamboja. Sejumlah peluang gagal dikonversi menjadi gol oleh Egy, Kambuaya, Marselino, dan Witan.

Baca juga: Piala AFF 2022, Ini Line Up Timnas Indonesia Melawan Kamboja

Gol baru tercipta pada menit ke-35, lewat sebuah skema serangan yang apik. Marselino menerima umpan dari tengah lapangan, dia berlari menyambut bola di sisi kiri gawang Kamboja.

Sebuah tendangan akurat meluncur ke sisi kanan di mana Witan tampak sudah berlari menyambutnya dan bola dilesakkan dengan deras ke gawang Kamboja, dan gol.

Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama dan dua menit tambahan waktu berakhir.
Babak kedua, pelatih Shin Tae-yong menarik Egy dan memasukkan Spasojevic di lini depan. Arhan juga ditarik dan digantikan oleh Saddil Ramdani.

Meski melakukan sejumlah pergantian pemain di babak kedua, di antaranya memasukkan Dendy dan Yakob Sayuri, timnas kesulitan menembus lini pertahanan Kamboja.

Babak kedua timnas gagal menambah gol, dan skor 2-1 bertahan hingga waktu normal dan tambahan waktu enam menit berakhir.

Indonesia memastikan tiga poin atas laga ini meski jumlah gol yang dihasilkan terbilang sedikit ketimbang percobaan tendangan ke gawang sebanyak 18 kali. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya