Daerah Sabtu, 03 September 2022 | 21:09

Anggota DPRD Batam dari Partai PAN Ngamuk, Lempar Mik dan Naik ke Atas Meja

Lihat Foto Anggota DPRD Batam dari Partai PAN Ngamuk, Lempar Mik dan Naik ke Atas Meja Anggota DPRD Batak Safari Ramdhan (baju biru) mengamuk. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Batam - Sebuah tayangan video pendek beredar di media sosial. Seorang pria yang disebut anggota DPRD Kota Batam, mengamuk saat mengikuti rapat dengar pendapat atau RDP.

Anggota dewan dimaksud disebut bernama Safari Ramadhan, dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Saat berbicara, Safari yang mengenakan kemeja biru didampingi dua anggota dewan lainnya.

Setelah berbicara beberapa lama, dia tiba-tiba mengeluarkan suara keras yang diarahkan ke peserta RDP di depannya.

Dia berdiri dan tiba-tiba melempar mik yang ada di depannya ke arah peserta RDP. Tidak hanya itu, Safari sampai naik ke atas meja.

Rekannya sesama dewan dan sejumlah staf DPRD menenangkannya dan menariknya turun dari atas meja.

Cuitan di video yang beredar di Twitter, dipetik Opsi pada Sabtu, 3 September 2022, kejadian tersebut berlangsung pada Kamis, 1 September 2022.

Safari mengamuk terkait proses pemilihan Ketua RW di Perumahan Galaxy Park, Kelurahan Tanjung Riau Sekupang, Batam, yang dinilai melanggar aturan dan memicu kericuhan di tengah warga.

Kisruh pemilihan itu kemudian sampai dibawa dalam agenda RDP Komisi DPRD Kota Batam yang dipimpin Lik Khai.

Safari dalam rekaman video itu semula meminta permasalahan pemilihan Ketua RW sebaiknya diselesaikan oleh lurah dan camat serta tidak perlu dibawa dalam RDP Komisi I.

Dia mengingatkan, jika kisruh pemilihan bisa diselesaikan, keributan masyarakat tidak akan terjadi. 

Anggota DPRD lainnya, Utusan Sarumaha mengatakan, proses pemilihan Ketua RW tidak sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 20 Tahun 2020.

Baca juga:

Kapal Pengangkut 30 PMI Ilegal Kecelakaan di Batam, SAR Cari 7 Korban Belum Ditemukan

“Maka SK yang telah diterbitkan harus dianulir dan dilakukan pemilihan ulang. Kami minta Tapem dan bagian hukum untuk mengawal ini,” jelasnya, dilansir dari jawapos.com.

Utusan juga meminta kasus persoalan segera dilaporkan kepada Wali Kota Batam Muhammad Rudi untuk penyelesaiannya.

Safari yang kemudian berbicara meminta ketegasan kepada Lurah Tanjung Riau, apakah bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

"Inikan wilayah bapak, bapak orang nomor satu di kelurahan itu. Pak Camat juga. Jangan siap-siap aja,” katanya sambil memukul meja.

Kemudian Safari berdiri dan kembali menyampaikan kekesalannya terhadap permasalah tersebut.

Saat itulah dia melemparkan mik dan naik ke atas meja.  Ketua Komisi I Lik Khai lalu menenangkan rekannya dan peserta RDP.

“Duduk-duduk semua, diam. Saya pimpinan sidang, keputusan ditangan saya. Diam semua,” katanya dengan nada tinggi. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya