News Jum'at, 08 April 2022 | 17:04

Bima Sakti Gantikan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas SEA Games 2021

Lihat Foto Bima Sakti Gantikan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas SEA Games 2021 Bima Sakti. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Timnas U-23 yang akan berlaga di ajang multi event SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei 2022 sudah mulai pemusatan latihan. Bima Sakti memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 April 2022 sore.

Bima dibantu para asistennya di tim U-16 Indonesia, seperti Indriyanto Nugroho, Firmansyah, dan Markus Horison.

Pelatih Kepala Timnas Shin Tae-yong berada di Korea Selatan (Korsel), memimpin pemusatan latihan Tim U-19 Indonesia.

Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan Tim U-23. Namun belum bergabung semua ke skuad.

Mereka yang belum bergabung adalah pemain yang berkarier di luar negeri, seperti Witan Sulaeman (FK Senica), Elkan Baggott (Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Sisanya dua nama lainnya, yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sudah berada di Korsel. Keduanya mengikuti pemusatan latihan Tim U-19.

Baca juga:

Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain SEA Games 2021, Ini Daftarnya

"Saya berkoordinasi dengan coach Shin lewat coach Nova juga bahwasannya hari ini (kemarin) adalah latihan pertama mereka setelah mereka selesai berkompetisi, jadi ini masa transisi mereka. Coach Shin juga memberikan jadwal sore, dan malam gym," kata Bima dilansir dari situs PSSI, Jumat, 8 April 2022.

"Latihannya tadi banyak ke passing, coach Shin selalu bilang ke kami, perbaiki passing mereka. Terus ada rondo, kemudian ada small game, coaching point-nya masalah transisi, karena itu yang difokuskan coach Shin," imbuh legenda Timnas Indonesia tersebut.

Tim U-23 menjalani latihan di Jakarta sampai 12 April 2022 mendatang. Setelah itu bertolak ke Korsel untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

"Sambil menunggu keberangkatan mereka ke Korea, yang utama adalah peningkatan kondisi fisik mereka. Setelah satu minggu (kompetisi selesai), seharusnya mereka istirahat, tapi mereka harus fokus lagi, karena harus bertanding di SEA Games 2021 bulan depan, jadi paling tidak mengembalikan kondisi fisik mereka. Oleh sebab itu, nanti malam ada gym, dan materi latihan sudah disampaikan oleh coach Shin," jelas Bima.

Di SEA Games 2021, Tim U-23 Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Bek kiri Persija Jakarta, Firza Andika, sangat yakin Tim U-23 Indonesia bisa berbicara banyak, kendati menghadapi Vietnam. Laga melawan Vietnam menjadi ulangan final SEA Games 2019 Filipina.

Saat itu, Garuda Muda takluk 0-3 dan harus merelakan medali emas ke tangan The Golden Stars. Firza Andika menjadi saksi hidup sekaligus pemain yang bermain dalam laga final tersebut.

"Alhamdulillah, saya bersyukur kembali dipanggil ke Timnas lagi. Saya memang menargetkan kembali baik itu di ajang SEA Games (2021) nanti atau tim senior (Piala AFF 2022) nanti. Makanya saya di kompetisi, setiap bermain saya berusaha memberikan yang terbaik, alhamdulillah dipanggil ke Timnas lagi," jelasnya.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya