Hukum Sabtu, 10 September 2022 | 10:09

Geger Temuan Jasad Tanpa Kepala di Semarang, Diduga Iwan Budi Paulus

Lihat Foto Geger Temuan Jasad Tanpa Kepala di Semarang, Diduga Iwan Budi Paulus ASN Kota Semarang Iwan Budi Paulus yang dinyatakan hilang sejak Agustus 2022. (foto: istimewa).

Jakarta - Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar memastikan temuan jasad yang terbakar di kawasan Marina Kota Semarang, Jawa Tengah, ditemukan tanpa kepala dan tangan.

"Sejumlah anggota tubuh, seperti kepala, tangan kanan dan kiri, serta kaki kanan tidak ditemukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Kombes Irwan kepada wartawan di Semarang, Jumat, 9 September 2022.

Terdapat beberapa kemungkinan anggota tubuh tersebut tidak ditemukan di TKP, di antaranya bisa diambil oleh hewan liar.

Maka itu, lanjutnya, petugas menerjunkan anjing pelacak untuk menelusuri kemungkinan keberadaan bagian tubuh yang hilang di sekitar TKP.

Dari hasil oleh TKP, diketahui bahwa sepeda motor yang terbakar tersebut merupakan kendaraan dinas yang dipakai Iwan Budi Paulus, PNS Pemkot Semarang, yang dilaporkan hilang sejak dua pekan lalu atau tepatnya 24 Agustus 2022.

Iwan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dengan dugaan korupsi pengalihan aset.

Dugaan mengarah ke sana karena ditemukan pelat nomor H-9799-RA pada rangka motor yang juga ludes terbakar di dekat mayat. Selain pelat nomor, identitas lain seperti nomor rangka dan nomor mesin juga identik dengan motor dinas yang dipakai korban dalam bekerja.

"Sementara ini cuma ada petunjuk plat nomor motor yang masih ada di rangka motor posisi menumpuk bersama mayat. Saat dicek lagi, dapat nomor rangka dan nomor mesin yang ternyata identik dengan motor dinas yang dipakai," katanya.

Selain sepeda motor, di TKP juga ditemukan komputer jinjing serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Budi Paulus.

Menurut dia, petugas juga menemukan papan nama atas nama Iwan Budi Paulus di lokasi.

Kendati begitu, Kombes Irwan menyatakan pihaknya harus menunggu hasil Labfor dan tes DNA, guna mengetahui secara pasti apakah jasad yang terbakar bersama sepeda motor tersebut merupakan Iwan Budi Paulus atau bukan.

"Harus menunggu hasil laboratorium forensik dan tes DNA untuk memastikan jasad tersebut Iwan Budi atau bukan," katanya.

Seperti diketahui, sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 8 September 2022.

Penemuan bermula dari temuan sepeda motor yang terbakar oleh salah seorang petugas penjaga lahan milik PT Family itu.

Di dekat sepeda motor yang terbakar itu, ternyata ditemukan sesosok jasad yang juga hangus terbakar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya