News Senin, 12 Agustus 2024 | 19:08

GEMABUDHI Berharap Jokowi Ikut Memasang Chattra Candi Borobudur

Lihat Foto GEMABUDHI Berharap Jokowi Ikut Memasang Chattra Candi Borobudur Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (Kabid OKK) Anes Dwi Prasetya. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha Kementerian Agama (Kemenag) telah melaksanakan Uji Publik Bentuk dan Material Chattra Candi Borobudur pada hari Rabu 17 Juli 2024 lalu. 

Hadir dalam uji publik Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia, Tim Kajian Dampak Cagar Budaya Pemasangan Chattra dari BRIN, beberapa perwakilan dari kementerian seperti Menko PMK, dan Kemendikbudristek.

Kemudian perwakilan Direktur pengembangan kawasan pemukiman di Direktorat Jenderal Cipta Karya, Pakar dan praktisi, Tokoh Agama, Komunitas Ruwat Rawat, perwakilan museum dan cagar Budaya warisan Budaya Borobudur serta beberapa instansi lainnya.

Pada kesempatan itu, Dirjen Bimas Buddha Supriyadi menyampaikan bahwa rencana pemasangan chattra di puncak stupa betul-betul sudah mendapatkan kesempatan dan arahan. 

"Kami selaku pemrakarsa melakukan upaya agar apa yang dilakukan terhadap warisan dunia itu tetap mematuhi kaidah-kaidah yang ditetapkan oleh UNESCO maka kemudian kami mengajukan kajian kepada Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)," kata Supriyadi.

Generasi Muda Buddhis Indonesia (GEMABUDHI) menyambut serta mendukung upaya yang dilakukan oleh Ditjen Bimas Buddha. 

Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (Kabid OKK) Anes Dwi Prasetya menjelaskan, dari semua pemaparan uji publik, bentuk, dan material Chattra Candi Borobudur, sangat positif dan semua mendukung. 

"Sehingga kami yang awalnya hanya mendukung, sekarang menjadi lebih kuat dukungannya dalam pemasangan Chattra itu," kata Anes dalam keterangannya, Senin, 12 Agustus 2024.

Anes berharap Presiden RI Joko Widodo dapat turut serta mendukung dengan melakukan pemasangan Chattra nantinya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya