News Kamis, 17 Februari 2022 | 15:02

Jokowi: Tak Ada Satu Negara Pun yang Bisa Bangkit Sendirian dari Pandemi

Lihat Foto Jokowi: Tak Ada Satu Negara Pun yang Bisa Bangkit Sendirian dari Pandemi Presiden Joko Widodo dalam Opening of the 1st Finance Minister and Central Bank Governor Meeting di Jakarta, Kamis, 17 Februari 2022. (Foto: ist.)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan tidak ada satu negara pun yang bisa bangkit sendirian dari situasi pandemi yang belum berakhir dan ekonomi dunia yang saat ini masih terguncang.

"Semua negara saling terkoneksi, tidak ada yang terisolasi," kata Presiden Jokowi dalam Opening of the 1st Finance Minister and Central Bank Governor Meeting di Jakarta, Kamis, 17 Februari 2022.

Dia menilai kebangkitan satu kawasan akan membangkitkan kawasan lainnya dan sebaliknya, keruntuhan satu kawasan akan ikut meruntuhkan kawasan yang lain, sehingga situasi tersebut bukan saat yang tepat untuk rivalitas.

"Bukan saatnya membuat ketegangan baru yang mengganggu pemulihan dunia apalagi yang membahayakan keselamatan dunia, sebagaimana yang terjadi di Ukraina saat ini," ucap Presiden Jokowi.

Dengan kondisi tersebut, presiden menegaskan saat ini semua pihak harus menghentikan rivalitas dan ketegangan, sehingga harus berfokus untuk bersinergi, berkolaborasi menyelamatkan dan membangkitkan dunia tempat kita hidup, serta segera bangkit kembali dan pulih kembali.

Dia melihat ketidakpastian global harus dihadapi dengan sinergi dan kolaborasi, seperti bekerja sama mengendalikan inflasi yang cenderung meningkat, mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan, mengatasi kelangkaan kontainer dan rantai logistik lainnya, mencegah terjadinya kelaparan, melakukan beberapa transformasi, hingga mempercepat proses transisi menuju ekonomi baru. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya