News Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:12

Melihat Ulang Langkah Maroko Sampai ke Empat Besar Piala Dunia 2022

Lihat Foto Melihat Ulang Langkah Maroko Sampai ke Empat Besar Piala Dunia 2022 Pemain Maroko sujud setelah mengalahkan Portugal di perempat final Piala Dunia 2022. (Foto: FIFA)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Maroko, salah satu wakil Afrika melangkah ke babak semifinal Piala Dunia Qatar 2022. 

Meski akhirnya kalah dalam perebutan tempat final, namun Maroko mendapat pujian penggila bola sejagat raya dengan capaian di empat besar itu.

Maroko takluk 0-2 atas Prancis, sang juara bertahan, dalam babak semifinal pada Kamis, 15 Desember 2022.

Maroko akhirnya mencatatkan rekor, satu-satunya wakil Afrika yang mampu menginjakkan kaki babak semifinal selama perhelatan piala dunia.

Lalu bagaimana jalan Maroko hingga bisa mencapai fase tersebut?

Maroko tergabung dalam Grup F, bersama Belgia, Kanada, dan Kroasia. Maroko memainkan laga pembuka grup pada 23 November 2022, melawan Kroasia.

Laga yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, itu berakhir imbang 0-0.

Laga kedua melawan Belgia di Al Thumama Stadium, Doha, pada 27 November 2022. Singa Afrika ini berhasil mengalahkan salah satu tim kuat Eropa, dengan skor 2-0.

Gol Maroko dilesakkan pada menit ke-73 melalui Romain Saiss dan Zakaria Aboukhlal menit ke-92.

Baca juga: Singkirkan Maroko 2-0, Prancis Tantang Argentina di Final Piala Dunia 2022

Maroko tak terbendung, manakala di matchday ketiga melawan Kanada pada 1 Desember 2022 disaksikan 43.102 penonton di Al Thumama Stadium, Doha, kembali meraih kemenangan.

Achraf Hakimi dan kawan-kawan menang dengan skor 2-1. Gol cepat pada menit ke-4 dihasilkan Hakim Ziyech, dan gol tambahan dari Youssef En Nesyri menit ke-23.

Gol balasan Kanada terjadi akibat gol bunuh diri pemain Maroko, Nayef Aguerd menit ke-40. Kemenangan ini mengantarkan Maroko ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Di babak 16 besar, Hakimi dkk menghadapi salah satu tim favorit, Spanyol pada 6 Desember 2022. 

Pemain Maroko merayakan gol ke gawang Belgia. (Foto: FIFA)

Disaksikan sebanyak 44.667 penonton di Education City Stadium, Doha, Maroko berhasil menahan imbang hingga tuntas babak normal dan perpanjangan waktu.

Duel pun diselesaikan lewat adu penalti. Drama yang menegangkan ini akhirnya dimenangkan Maroko dengan skor telak, 3-0. Spanyol tersingkir.

Kiper Yassine Bounou menjadi pahlawan dalam duel ini. Dia mampu memblok tiga tendangan pemain Spanyol. Maroko pun melaju ke babak perempat final.

Portugal dengan mega bintangnya, Cristiano Ronaldo sudah menunggu mereka di babak perempat final ini.

Baca juga: Profil Jurnalis Media Online Maroko yang Jadi Pusat Perhatian di Piala Dunia 2022

Laga dihelat pada 10 Desember 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, disaksikan 44.198 penonton yang memadati stadion.

Youssef En Nesyri menjadi pahlawan dalam duel tersebut. Sundulannya pada menit ke-42 mengantarkan Maroko ke semifinal.

Gol tunggal itu menghempaskan harapan Ronaldo cs melangkah lebih jauh. Gempuran Portugal sejak babak pertama hingga tambahan waktu babak pertama dan kedua, tak mampu membalas gol Maroko.

Sejarah pun mencatat, wakil Afrika pertama yang melaju ke semifinal piala dunia setelah mengalahkan para tim favorit dari Eropa.

Kemenangan Maroko disambut antusias dunia sepak bola termasuk dari benua Afrika dan negara Muslim. Asa mencapai babak puncak pun dialamatkan ke Hakimi dan kawan-kawan.

Prancis menjadi lawan mereka di semifinal. Prancis sukses menghadang Inggris. Pertandingan digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, dipimpin wasit Meksiko, César Arturo Ramos Palazuelos.

Disaksikan 68.294 penonton di stadion, Maroko harus mengakui kehebatan sang juara bertahan meski tanpa sang bintang Karim Benzema.

Maroko kalah 0-2. Gol Prancis dicetak oleh Theo Hernandez menit ke-5 dan Randal Kolo  Muani menit ke-79. 

Maroko belum sepenuhnya berhenti. Mereka akan bertanding merebut posisi ketiga melawan Kroasia pada Sabtu, 17 Desember 2022.

Pertandingan dihelat di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, dipimpin wasit Abdul Rahman Al Jassim dari Qatar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya