Daerah Minggu, 27 Februari 2022 | 16:02

Pemprov Sulsel Ajak Petani Tingkatkan Hasil Pertanian Melalui Benih Berkualitas

Lihat Foto Pemprov Sulsel Ajak Petani Tingkatkan Hasil Pertanian Melalui Benih Berkualitas Pemprov Sulsel dorong petani menanam benih unggul. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan hasil pertanian. Apalagi daerah di Indonesia bagian Timur ini juga merupakan salah satu lumbung pangan Nasional.

Mendukung hal itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan menghadirkan program Mandiri Benih.

Program yang diinisiasi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ini, telah berjalan sejak tahun 2021 dan berlanjut tahun ini.

Perbanyakan Benih ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendukung sekaligus pendampingan bagi masyarakat untuk menjadi petani yang mandiri benih.

“Alhamdulillah progres program strategis Mandiri Benih Sulsel oleh Pemprov terlihat sesuai rencana di penangkaran," Ungkap Andi Sudirman, Minggu 27 Februari 2022.

Ia berharap, melalui program Mandiri Benih ini akan membantu petani dalam menjaga kualitas benih dan membangun kemandirian petani untuk memproduksi benih.

“Kita ingin membangun kemandirian benih. Sehingga para petani bisa mandiri dalam memproduksi benih. Dengan adanya pendampingan itu mereka akan mendapat ilmu pengetahuan tentang penanaman benih di lapangan. Dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan benih unggul padi ditingkat petani dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas dan produksi tanaman padi di Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Andi Sudirman pun mengajak petani meningkatkan produksi padi dengan menggunakan benih yang berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam (bukan hambur) dan pemeliharaan yang baik dan benar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya