Pilihan Kamis, 30 Mei 2024 | 13:05

Penerima Beasiswa LPDP Harus Tahu Tujuan dan Alasan yang Tepat Sebelum Mendaftar

Lihat Foto Penerima Beasiswa LPDP Harus Tahu Tujuan dan Alasan yang Tepat Sebelum Mendaftar Mentoring Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). (Foto:Istimewa)

Jakarta - Mentoring Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)  merupakan program pendampingan yang disediakan bagi penerima beasiswa.

Program ini bertujuan untuk memberikan informasi LPDP dan kesiapan calon penerima beasiswa. Melihat peluang dan kebutuhan besar anak muda, preposisi mengadakan mentoring khusus persiapan beasiswa LPDP. 

Dengan menghadirkan dua Awardee LPDP Luar negeri menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Natalia Mahudin membuka kegiatan ini dengan harapan besar semoga kelas ini dapat mematangkan persiapan para peserta, dapat menambah informasi, strategi dan pemahaman lebih baik dalam mempersiapkan diri mengikuti gelombang seleksi.

"Dengan kesiapan yang matang dan baik kita dapat menjemput lebih banyak kesempatan dan selangkah lebih dekat dengan mimpi kita semua," kata Natalia seperti mengutip keterangannya, Senin, 30 Mei 2024. 

Sementara itu, Maria Simonapendi menjelaskan bahwa calon penerima beasiswa harus mengetahui tujuan dan alasan yang tepat sebelum mendaftar, disamping itu fokus sangat penting dalam persiapan ini.

"Karena ketika pendaftar sudah mengetahui apa yang dia inginkan itu akan menjadi dorongan untuk berusaha memberikan yang terbaik sehingga bisa lolos semua tahapan," ucap Maria.

Ia menuturkan, pemahaman yang baik tentang program studi dan institusi pendidikan yang dituju sangat penting.

"Calon pelamar harus melakukan penelitian mendalam tentang kurikulum, fasilitas, hingga prospek karir dari program studi yang diminati. Hal ini akan membantu dalam menyusun proposal studi yang meyakinkan, diakhir," ujarnya. 

Kemudian, Chikita Febrilia menyampaikan persyaratan yang harus disiapkan pendaftar beasiswa khususnya untuk anak muda Timur yang masuk daerah afirmasi.

Ia mengatakan, bagi calon pendaftar daerah afirmasi, dukungan dari pemerintah daerah dan organisasi terkait dapat menjadi nilai tambah.

Mereka, sambungnya, dapat meminta rekomendasi atau surat dukungan yang memperkuat peluang mendapatkan beasiswa LPDP.

"Persiapan mental dan motivasi yang kuat juga diperlukan," tutur Chikita. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya