News Jum'at, 04 Agustus 2023 | 10:08

Jokowi Minta Para Penerima Beasiswa LPDP Segera Pulang ke Tanah Air

Lihat Foto Jokowi Minta Para Penerima Beasiswa LPDP Segera Pulang ke Tanah Air Presiden Jokowi di LPDP Fest. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), untuk kembali ke Tanah Air setelah menyelesaikan masa belajarnya. 

Presiden menginginkan agar para penerima beasiswa memanfaatkan ilmunya dengan berkarya di dalam negeri.

“Yang paling penting saya titip, pulang! Pulang! Pulang! Meskipun gaji di sini mungkin lebih rendah sedikit, tetap pulang! Meskipun mungkin fasilitas enak di negara lain, tetap pulang!” ujar Jokowi dalam sambutannya pada acara LPDP Fest yang digelar di Kasablanka Hall, Jakarta, pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Presiden menyebut bahwa para penerima beasiswa LPDP adalah sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan negara untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju di masa mendatang. 

Dia yakin generasi muda Indonesia memiliki pemikiran dan visi ke depan yang lebih baik.

“Kita memang kurang SDM yang seperti itu,” ungkap Presiden.

Jokowi menyebutkan bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menjadi negara maju dalam waktu 13 tahun ke depan. 

Namun, peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia.

“Kita dalam 13 tahun ini berarti kurang lebih sampai 2038 diberikan peluang itu untuk bisa masuk menjadi negara maju. Bisa atau tidak? Ya tergantung kita sendiri,” ucap Presiden.

Jokowi menghadiri acara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Fest. Dia mengapresiasi LPDP Fest sebagai sebuah sarana sosialisasi untuk memperkenalkan LPDP dan program pendidikan di Tanah Air dalam rangka membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

BACA JUGA: Direktur Utama LPDP: Mahasiswa Harus Berada Dekat dengan Rakyat

“Ini sangat penting sekali, ini sangat penting karena kita akan menghadapi bonus demografi yang nanti di tahun 2030 68,3 persen penduduk kita adalah penduduk usia produktif. Dan ini biasanya hanya sekali dalam sejarah peradaban sebuah negara, hanya sekali, tidak akan terulang lagi,” ujar Presiden.

Presiden pun optimistis bonus demografi yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan dengan baik. 

“Saya optimistis bahwa bonus demografi itu bisa kita manfaatkan untuk menaikkan level negara kita menjadi negara maju. Saya meyakini itu,” ucap Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa pemerintah telah menetapkan anggaran dalam sovereign wealth fund untuk mengelola pendidikan di Tanah Air. 

Anggaran tersebut terus meningkat setiap tahunnya dari Rp 15 triliun pada tahun 2015 dan saat ini telah mencapai Rp 139 triliun.

“Sejak 2019 saya telah perintahkan ke Bu Menteri Keuangan minimal 1 tahun itu Rp 20 (triliun) harus dimasukkan ke LPDP, Rp 20 (triliun) masukkan LPDP, punya uang banyak masukan LPDP, karena SDM inilah nanti kita bisa bersaing atau tidak bisa bersaing dengan negara-negara lain. Kuncinya memang di sini,” tutur Presiden.

Presiden turut minta jajarannya untuk membuat desain besar LPDP mulai dari 5 tahun hingga 25 tahun mendatang. Desain tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan visi Indonesia di masa mendatang.

“Semuanya harus didesain dengan baik sehingga sekali lagi kita nanti antara kebutuhan SDM dan kebutuhan industrinya itu betul-betul bisa match. Jangan meleset,” ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya