News Selasa, 21 Februari 2023 | 17:02

Prabowo Dampingi Jokowi Kirim 140 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

Lihat Foto Prabowo Dampingi Jokowi Kirim 140 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 21 Februari 2023.

Bantuan tahap ketiga seberat 140 ton ini berupa bahan makanan, pakaian dan bahan logistik. Pengiriman menggunakan empat pesawat, yakni dua pesawat setiap negara.

Jokowi mengatakan, Indonesia akan terus mengirimkan bantuan kemanusiaan ke kedua negara tersebut.

"Kita juga sudah mengirim Tim SAR, Tim Medis, rumah sakit lapangan serta pesawat Hercules yang sangat membantu proses evakuasi korban pada masa awal pasca terjadinya bencana di Turki dan Suriah. Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini dapat membantu saudara-saudara kita di sana," kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu, 11 Februari 2023 dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personil Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.

Selain Prabowo, turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya