News Senin, 20 Februari 2023 | 18:02

Zainudin Amali Lapor untuk Fokus Ngurus Bola, Jokowi Bilang Silakan

Lihat Foto Zainudin Amali Lapor untuk Fokus Ngurus Bola, Jokowi Bilang Silakan Menpora Zainudin Amali. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sudah menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan dirinya ingin fokus mengurusi sepak bola.

Zainudin mengungkap itu selepas dirinya dan Ketum PSSI Erick Thohir bersama waketum Ratu Tisha dan para Komite Eksekutif melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi, Senin, 20 Februari 2023. 

Menurut dia, secara pribadi sudah melapor kepada Presiden Jokowi yang juga sudah mengetahui dirinya terpilih sebagai salah satu wakil ketua.

Zainudin Amali menyebut, Presiden Jokowi menyerahkan dan percaya kepadanya dengan pilihan tersebut. 

"Saya memilih dan saya sampaikan pada Pak Presiden, bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI," kata dia, di hadapan belasan awak media. 

"Dan itu dipahami oleh beliau. Dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," katanya.

Tidak puas dengan jawaban itu, awak media mempertegas apakah Zainudin Amali mundur dari Menpora. 

BACA JUGA: Dua Menterinya Duduki Posisi Puncak PSSI, Jokowi Klaim Gak Ikut-ikutan di KLB

"Masa kalian tanya lagi itu, jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola. Ya, udah pokoknya saya sudah dapat izin dari bapak presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola," tegasnya.

Dia meneruskan, terkait persiapan Piala Dunia U-20, pihaknya yang masih menjabat sebagai Menpora akan mempersiapkan dengan baik.

BACA JUGA: Drama Pemilihan di KLB PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha Jadi Waketum

Menpora akan mengundang PSSI dalam waktu dekat untuk membicarakan persiapannya. Pihaknya akan melakukan persiapan sesuai dengan bimbingan dan panduan dari FIFA.

"Jadi, kita tidak pernah melepaskan, kita kerja. Karena semuanya kan harus standar FIFA. Ini mungkin dalam hari-hari ini, kita sudah datang lagi untuk inspeksi stadion dan lain sebagainya serta persiapannya. Kan di dalam keppres itu tanggung jawab INAFOC itu ada di Menpora, sebagai panitia pendukung tanggung jawab lOC itu ada di PSSI sekarang sekaligus urusan tim nasional, dan infrastruktur ada di Menteri PUPR. Jadi kita jalan mudah-mudahan tidak ada masalah," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Zainudin Amali terpilih sebagai Waketum PSSI Periode 2023-2024 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Zainudin terpilih sebagai waketum 1 dan Ratu Tisha sebagai waketum 2, mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan 12 Exco terpilih.

Dikabarkan Zainudin yang merupakan politisi Partai Golkar rela melepas jabatan Menpora demi mengemban jabatan Wakil Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya