Daerah Rabu, 27 April 2022 | 12:04

Prof Jamaluddin Jompa Resmi Dilantik Sebagai Rektor Universitas Hasanuddin

Lihat Foto Prof Jamaluddin Jompa Resmi Dilantik Sebagai Rektor Universitas Hasanuddin Prosesi pelantikan Prof Jamaluddin Jompa sebagai rektor Universitas hasanuddin periode 2022-2026, Rabu 27 April 2022. (Foto: Unhas)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Prof Jamaluddin Jompa resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) periode 2022-2026, Rabu 27 April 2022.

Prof Jamaluddin Jompa merupakan guru besar biologi dan ekologi kelautan Unhas itu punya posisi-posisi strategis dalam karier dan organisasinya. Terakhir, Jalamuddin Jompa menjabat sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas periode 2018-2022.

Jamaluddin Jompa lahir di Kabupaten Takalar, 8 Maret 1967. Dia mengawali pendidikannya di SD Sampeang Bulukumba. Setelah itu ia pindah saat duduk di bangku kelas 4 SD ke SD 13 Pinrang kemudian pindah lagi dan lulus di SDN 36 Pinrang pada tahun 1979.

Pendidikannya berlanjut di tingkat sekolah menengah di SMP 2 Pinrang hingga lulus pada tahun 1982.

Jamaluddin Jompa lalu melanjutkan pendidikannya di SMA 243 Pinrang yang kini berubah menjadi SMA 1 Pinrang.

Setelah tamat SMA, Jamaluddin Jompa kuliah di Universitas Hasanuddin mengambil Jurusan Perikanan dan lulus pada tahun 1989. Dia kemudian mengambil sekolah magisternya di McMaster University, Kanada dan lulus pada tahun 1996 dengan gelar MSc.

Selanjutnya Jamaluddin Jompa melanjutkan program doktoral di James Cook University, Australia yang ia selesaikan pada tahun 2003. Kemudian berhasil meraih gelar insinyur di Universitas Hasanuddin pada tahun 2019.

Perjalanan Jamaluddin Jompa di dunia pendidikan turut membuatnya mendapat posisi-posisi strategis.

Dia ditunjuk sebagai anggota Penasihat Bidang Ekologi Kelautan untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jamaluddin Jompa juga menjabat sebagai Ketua Pusat Keunggulan untuk Ketahanan Kelautan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Jamaluddin Jompa juga merupakan anggota perdana Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) sekaligus ketua pertama ketika ALMI berdiri pada tahun 2015 lalu.

Saat ini, Jamaluddin Jompa terpilih sebagai Rektor Unhas periode 2022-2026. Jamaluddin Jompa terpilih usai mengungguli dua calon lainnya yakni Prof Budu dari Fakultas Kedokteran dan Prof Farida Patittingi dari Fakultas Hukum.

Jamaluddin Jompa berhasil meraih 11 suara dari total 25 suara MWA Unhas. Jamaluddin mengungguli suara dua calon lainnya yakni Prof Budu dengan 9 suara dan Prof Farida Patittingi dengan 5 suara.

Dari total 25 suara tersebut, 9 suara di antaranya merupakan suara menteri yang diwakili Kepala Biro ADM Kemendikbudristek, Dyah Ismayanti.

Selain menteri, juga ada satu suara dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman selaku ex officio MWA Unhas. Kemudian ada juga suara anggota MWA lainnya dari HM Jusuf Kalla, Chairul Tanjung, dan Sofjan Wanandi.

Sedangkan dari internal Unhas ada Indriyanti Sudirman (FEB), Irawan Yusuf (FK), Ambo Ala (FPertanian), Altin Massinai (MIPA), Syamsul Bachri (FT), Niartiningsih (FIKP), dan Bahruddin Thalib (FKG).

Selanjutnya ada Syamsul Bachri (FH), Ernawati Rifai (Kepala Biro Akademik), Johanis Sattu (Kabag Anggaran Masyarakat), dan Imam Mobilingo (Ketua BEM Unhas). []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya