News Selasa, 02 Mei 2023 | 15:05

SEA Games 2023 Semula Target Indonesia Peringkat 3, Berubah Setelah Jokowi Pidato

Lihat Foto SEA Games 2023 Semula Target Indonesia Peringkat 3, Berubah Setelah Jokowi Pidato Menpora Dito Ariotedjo dan Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - SEA Games 2023 di Kamboja, Indonesia semula pasang target peringkat 3 dengan raihan 60 emas.

Target itu berubah setelah Presiden Jokowi pidato pelepasan kontingen Indonesia pada Selasa, 2 Mei 2023 pagi.

Merespons permintaan Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan bahwa kontingen Indonesia akan berjuang maksimal untuk mencapai target yang diberikan Jokowi.

Presiden menargetkan kontingen Indonesia melampaui raihan 69 emas pada SEA Games XXXI Vietnam lalu.

“Itu sudah arahan pimpinan tertinggi, panglima tertinggi kita, jadi kita sebagai prajurit akan mencoba semaksimal mungkin untuk meraih target tersebut,” kata Menteri Dito di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Dia mengakui, sebelumnya berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, Indonesia menargetkan 60 medali emas dan berada di peringkat ketiga. 

BACA JUGA: Huswatun Hasanah, Petinju Putri asal NTB Targetkan Emas di SEA Games Kamboja

Namun, target yang diberikan Presiden Jokowi akan menjadi motivasi kontingen Indonesia untuk berupaya melampaui target tersebut.

“Semoga motivasi dan target dari Bapak Presiden tetap kami jadikan acuan dan juga maksimal untuk atlet-atlet dari kontingen Indonesia ini bisa meraih lebih dari segitu,” ujarnya.

Menteri Dito menambahkan, semua atlet yang bertanding di SEA Games Kamboja telah berlatih keras dan memiliki semangat serta optimisme untuk menang dan membawa pulang medali.

Saat pelepasan kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja, Jokowi meminta prestasi yang lebih baik di SEA Games Vietnam.

“Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ke-3. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas tiga. Pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau peringkat dua,” ujar Jokowi.

Meski bukan target yang mudah, Presiden Jokowi meyakini para atlet Indonesia telah dibekali kemampuan yang mumpuni untuk berlaga nanti. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya